Dark/Light Mode

Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Garuda Siap Cakar Kangguru

Minggu, 28 Januari 2024 07:00 WIB
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Sabtu (27/1/2024). Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar pada Minggu (28/1/2024). (ANTARA FOTO/Yusran?Uccang/foc)
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Sabtu (27/1/2024). Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar pada Minggu (28/1/2024). (ANTARA FOTO/Yusran?Uccang/foc)

 Sebelumnya 
“Tim sekelas Korea Selatan harus fokus pada babak gugur ketimbang penyisihan grup. Babak gugur adalah awal yang sebenarnya bagi Korea Selatan,” ungkap Shin Tae-yong.

“Saya berharap mereka lebih berkonsentrasi dan mempersiap­kan diri dengan baik. Mereka tidak boleh mengecewakan para penggemar mereka,” tutur Shin Tae-yong.

Baca juga : Timnas Garuda Cetak Sejarah

Namun demikian, meraih kemenangan atas Australia ten­tu bukan hal mudah. Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, bahkan mengancam akan menurunkan kekuatan penuh untuk memastikan kemenan­gan, sekaligus dalam upaya memenuhi target jadi juara di Piala Asia 2023.

“Ini adalah turnamen besar dan, tentu saja, ekspektasi dan tujuan saya adalah datang ke sini untuk memenangkannya (Piala Asia 2023), jika tidak, saya tidak akan repot berada di sini, saya lebih suka tinggal di rumah,” ka­ta Graham Arnold seperti diku­tip dari The West Australian, kemarin.

Baca juga : Garuda Ditunggu Tim Kanguru

“Itulah se­babnya kami ada di sini. Itu sebabnya kami mendapat satu hari libur dalam tiga minggu. Kami di sini untuk membuat negara bangga dan dengan harapan serta tujuan untuk memenangkannya,” tegas pelatih yang mengantarkan Australia lolos 16 besar Piala Dunia 2022.

Tim berjuluk -Socceroos- sendiri lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai juara Grup B. Di fase grup, kampiun Piala Asia 2015 ini menang 2-0 atas India, menumbangkan Suriah 1-0 dan bermain 1-1 kontra Uzbekistan.

Baca juga : Tanggapi Timnas Lolos Babak 16 Besar, Ini Harapan Jokowi Jelang Lawan Australia

Sementara itu, Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Timnas Indonesia men­gakhiri persaingan Grup D Piala Asia 2023 dengan menempati posisi ketiga, tepatnya dengan raihan tiga poin.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 28/1/2024 dengan judul Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Garuda Siap Cakar Kangguru      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.