Dark/Light Mode

Tuan Rumah Bawa Hoki, Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Senin, 12 Februari 2024 06:26 WIB
Selebrasi timnas Pantai Gading di pentas Piala Afrika 2023. (Foto : Ist)
Selebrasi timnas Pantai Gading di pentas Piala Afrika 2023. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjadi tuan rumah membawa hoki pada turnamen besar. Setelah Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Asia dan menjadi juara, giliran Pantai Gading juara Piala Afrika 2023.    

Pantai Gading, yang juga menjadi host, berhasil meraih gelar juara Piala Afrika untuk ketiga kalinya usai mengalahkan Nigeria 2-1 dalam laga final di Stadion Olympique Alassane Quattara, Abidjan, Pantai Gading, Senin (12/2) dini hari.

Baca juga : WNI Di Kuwait Sudah Nyoblos Pakai Kotak Suara Keliling

Dalam laga final Piala Afrika 2023, Nigeria yang kali pertama membuka keunggulan pada menit ke-38 berkat aksi bek tengah Nigeria William Troost-Ekong, lewat sundulan dari tendangan sudut.

Suasana stadion Olympique Alassane Quattara bergemuruh usai Pantai Gading menyamakan kedudukan lewat gol balasan Franck Kessie.

Baca juga : Ke Final, Pantai Gading Buru Gelar Ketiga Piala Afrika

Proses golnya juga terjadi dari tendangan sudut, Kessie menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-62.

Kedudukan imbang 1-1, para pemain Pantai Gading makin semangat menyerang pertahanan Nigeria.

Baca juga : Badan Saksi Nasional Partai Golkar Siap Kawal Suara di Pileg dan Pilpres 2024

Alhasil, keunggulan berbalik ke barisan Pantai Gading melalui gol Sebastien Haller pada menit ke-81. Haller langsung mengarahkan kakinya untuk menyambut bola yang diumpan Adingra ke dalam gawang.

Gelar juara itu menambah koleksi Pantai Gading pada kompetisi sepak bola tertinggi di Benua Afrika menjadi tiga kali, selain menjuarai Piala Afrika pada 1992 dan 2015
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.