Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pemilu 2024, Pengalaman Sandy Walsh Pertama Kali Nyoblos Di Belgia

Senin, 12 Februari 2024 14:30 WIB
Sandy Walsh nyoblos di Belgia. (Foto : Ist)
Sandy Walsh nyoblos di Belgia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemain timnas Indonesia Sandy Walsh menceritakan pengalamannya ikut ‘nyoblos’ bersama Marselino Ferdinan di Pemilu 2024.

Ini merupakan kali pertama, Sandy Walsh berpartisipasi dalam pemilihan presiden sejak resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada November 2022

Berbeda dengan di Indonesia, Pemilu di Belgia digelar lebih dulu pada Sabtu, 10 Februari 2024. Sementara pencoblosan di Tanah Air baru akan dilakukan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Baca juga : Pasangan Suami Istri Pelihara Babi Di Rumah

Sandy membagikan momen bersejarah tersebut ke akun YouTube pribadinya. Ia bercerita soal persiapannya hingga datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kedutaan Besar Indonesia di Brussel, Belgia.

Sehari sebelum pemilihan, pemain berdarah Surabaya itu mengatakan sempat menghubungi pihak kedutaan untuk meminta informasi terkait ketiga calon presiden dan wakil presiden.

“Saya menghubungi kedutaan. Saya juga membutuhkan beberapa informasi. Ini adalah dokumen yang saya terima dengan rangkuman visi-misi dari ketiga kandidat. Ini penting bagi saya untuk membuat pilihan yang tepat, jadi mendapatkan informasi itu selalu penting,” tutur Sandy Walsh seperti dikutip dari kanal YouTube Sandy Walsh, Minggu, 11 Februari 2024.

Baca juga : Pemilu 2024, Victor Igbonefo Siap Nyoblos Di Jakarta

Fullback kanan asal klub KV Mechelen itu mengaku sempat kesulitan memahami visi-misi dari setiap kandidat karena menggunakan Bahasa Indonesia.

Meski begitu, dia tetap berusaha untuk membacanya sambil dibantu dengan layanan Google Translate.

“Mereka memberitahu saya bahwa semuanya akan dalam Bahasa Indonesia, jadi itu akan menjadi tantangan, tetapi mengapa tidak? Bahasa Indonesia saya mesti lebih baik,” ujarnya.

Baca juga : IMOBY 2024 Hadirkan 250 Brand Lebih Perlengkapan Ibu Dan Anak

Tiba di Kedutaan Besar Indonesia di Brussel, Belgia, saat hari pencoblosan, Sandy tampak disambut oleh sejumlah WNI yang mengenalinya.

Banyak di antara mereka yang meminta foto dan tanda tangan dari pencetak gol timnas Indonesia ke gawang Jepang di Piala Asia 2023.

Tak lama berselang, pemain timnas Indonesia lainnya, Marselino Ferdinan tiba. Keduanya lalu menjalankan hak sebagai masyarakat Indonesia dengan menentukan pilihan presiden dan wakil presidennya masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.