Dark/Light Mode

Ini Kriteria Pemain Pilihan Nova Mengisi Skuad Timnas U-16

Rabu, 21 Februari 2024 20:06 WIB
Para pemain timnas U-16, gelombang pertama. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas U-16, gelombang pertama. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih kepala Nova Arianto mengungkapkan kriteria pemain yang bakal dipilih mengisi slot di timnas U-16. Salah satunya soal tinggi badan. 

"Kriteria yang pasti tinggi badan ya, karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia, tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," jelas Nova dalam keterangannya, Rabu (21/2).

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023.

Baca juga : Diasuh Nova Arianto, 32 Pemain Diseleksi Buat Timnas U-16

Kala itu, timnas Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut, kata dia, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan.

"Terakhir, di Piala Asia kemarin, saat kita melawan Australia, bertemu pemain yang tingginya dua meter pun agak kesulitan. Jadi, tinggi badan menjadi salah satu poin penting di sini, tetapi saya masih melihat ada beberapa posisi yang mungkin nggak terlalu difokuskan," tuturnya.

Proses seleksi tim U-16 akan terus berlangsung. Pada Kamis (22/2) rencananya akan ada 32 pemain baru lain yang juga akan mengikuti seleksi, untuk gelombang kedua. Sama seperti pada gelombang pertama, seleksi berlangsung tiga hari.

Baca juga : Indonesia Memilih, Indonesia Menunggu

Sebanyak 32 pemain telah menuntaskan seleksi gelombang pertama untuk masuk ke dalam tim U-16, yang diasuh oleh pelatih kepala Nova Arianto, Rabu (21/2).

"Hari ini, 32 pemain yang ada di gelombang pertama akan dipulangkan, kemudian masuk lagi 32 pemain lain untuk gelombang kedua. Mereka akan memulai seleksi satu hari setelah mereka kumpul lebih dahulu," ungkap Nova.

Pada gelombang pertama, Nova langsung menggeber tes fisik dan selalu mengadakan internal game. Di hari-hari terakhir pun mereka mengadakan serangkaian kegiatan seperti psycology class session dan ada pengenalan sesi kebugaran di pusat kebugaran PSSI, GBK Arena.

Baca juga : Pesan Wapres Jelang Pencoblosan: Beda Pilihan Boleh, Tapi Jangan Terpecah Belah

"Untuk memanfaatkan waktu persiapan dan memantau langsung pemain yang ada, saya dan staf pelatih selalu melakukan tes fisik serta menggelar internal game. Itu juga cara yang memudahkan kami dalam penilaian pemain. Karena mereka bisa langsung menunjukkan kemampuan individu dan kerja sama dengan rekan-rekan lainnya," jelas Nova.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.