Dark/Light Mode

Bamsoet dan Dito Resmikan P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage

Minggu, 25 Februari 2024 20:07 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (duduk) bersama Menpora Dito Ariotedjo (kanan) saat membuka P1 Digital Motorsport, di Black Stone Garage, Jakarta, Minggu (25/2). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (duduk) bersama Menpora Dito Ariotedjo (kanan) saat membuka P1 Digital Motorsport, di Black Stone Garage, Jakarta, Minggu (25/2). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo secara resmi membuka P1 Digital Motorsport, di Black Stone Garage, Jakarta, Minggu (25/2). Turut hadir antara lain Wakil Ketua Umum IT dan Digital IMI Pusat Tengku Irvan Bahran, Direktur Operasional Black Stone Garage Iman Santoso, Manager Marketing Communication Black Stone Garage Saras Shintya Soesatyo, dan Ketua Volkswagen Indonesia Association Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna.

Bamsoet menerangkan, P1 Digital Motorsport merupakan hasil kolaborasi IMI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menghadirkan wadah pendidikan dan pembibitan kepada para pembalap maupun masyarakat umum agar bisa lebih mengenal dan memulai balapan maupun safety driving and safety riding melalui simulator.

Baca juga : Pemilu Digital Dinilai Gagal

“Grand opening P1 Digital Motorsport juga ditandai dengan pemberian hadiah dan penghargaan kepada para pemenang P1 Digital Motorsport Grand Opening Tournament 2024 yang diadakan sejak 17-22 Februari 2024. Para pembalap harus bisa menaklukan Pertamina Mandalika International Street Circuit secara virtual menggunakan simulator untuk memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. Juara 1 kelas Novice diraih Muhammad Razzan Putra, Juara I kelas Non Seeded diraih Gery Kurniawan Sahabu, serta Juara 1 kelas Seeded diraih Andhika," terang Bamsoet.

Ketua MPR ini menjelaskan, P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage mempersiapkan 12 simulator balap dengan spesifikasi high end. Seperti direct drive wheel bases and pedal hidraulik dari Simagic, guna mendapatkan pengalaman balap yang mendekati mobil aslinya. Kecanggihan perangkat P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage ini akan membuat penggunanya merasakan balapan yang hampir serupa dengan balapan real. Sesuai dengan tagline, ‘Your Racing World Starts Here’.

Baca juga : Bamsoet Ajak Para Kontestan Pemilu 2024 Jaga Kondusivitas di Masa Tenang

"P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage didirikan tidak hanya mengakomodir para penghobi balap virtual profesional, melainkan juga mereka yang tertarik untuk mengenal dunia balap melalui simulator. Simulator balap telah menjadi salah satu metode pembelajaran yang populer bagi para calon pembalap dan penggemar balap. Kedepannya, diharapkan mampu mencetak para pembalap muda di kalangan sim racer," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, selain menyewakan simulator kepada masyarakat umum, P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage juga membuka Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI). Para siswa ADMI akan di-coaching oleh para racer yang ahli di bidangnya, baik sim racer atau pembalap professional.

Baca juga : Bamsoet Berikan Kuliah Politik dan Strategi Pascasarjana Unhan

"Sebagai bentuk keseriusan, P1 Digital Motorsport menggandeng mentor yang berasal dari kalangan pembalap nasional dengan segudang prestasi. Salah satunya Alvin Bahar, pembalap yang telah mencatatkan 11 kali juara nasional ISSOM," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.