Dark/Light Mode

Polda Aceh Siapkan Ribuan Personel Gabungan Amankan PON XXI

Sabtu, 16 Maret 2024 11:32 WIB
Apel personel jajaran Polda Aceh
Apel personel jajaran Polda Aceh

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesta olahraga nasional empat tahunan, akan segera dimulai.  Polda Aceh bersama jajaran di 10 kepolisian resor (polres) siap mengamankan jalannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, yang akan digelar pada September 2024.

"Polda Aceh yang didukung TNI, Basarnas, Satpol PP, dan mitra Kamtibmas lainnya siap mengamankan dan sukseskan pelaksanaan pestas olahraga nasional melalui PON XXI Aceh-Sumut 2024," kata Kapolda Aceh Irjen, Achmad Kartiko di Banda Aceh, dikutip Antara Jumat (15/3).

Achmad mengatakan, pengamanan PON yang dihelat selama 18 hari itu akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

Baca juga : BI Siapkan Kebutuhan Penukaran Uang Lebaran Rp 197,6 Triliun

"Serta didukung dengan tindakan penegakan hukum untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas," katanya.

Menurutny,  kepolisian di Aceh terus berupaya mewujudkan kamtibmas, baik menjelang, maupun pada pelaksanaan dan usai PON di Aceh tetap kondusif.

Oleh karena itu, alumni Akabri 1991 itu mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan kepolisian dan Pemerintah Daerah menjaga kamtibmas di provinsi ujung barat Indonesia tersebut tetap kondusif.

Baca juga : Demokrat Laporkan Dugaan Penggelembungan Suara Dapil 2 Jakut Ke Bawaslu

"Dukungan dan partisipasi masyarakat menjaga kamtibmas yang kondusif ini sehingga perhelatan PON Aceh berjalan aman dan tertib, tanpa ada gangguan sedikit pun," kata Achmad

Kapolda Aceh menyebutkan sebanyak 3.989 personel akan dikerahkan untuk pengamanan PON 2024 di 10 kabupaten kota yang menjadi tuan rumah cabang olahraga di Aceh. Dari 3.989 personel tersebut, sebanyak 2.443 personel dari Polri. 

Sedangkan dukungan dari TNI sebanyak 1.021 personel, Satuan Polisi Pamong Praja sebanyak 367 personel serta Badan SAR Nasional (Basarnas) sebanyak 148 persen.

Baca juga : PKSS Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Profesional Dalam dan Luar Negeri

PON 2024 rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada 8 September 2024 di Provinsi Aceh dan penutupan di Sumatera Utara pada 20 September 2024.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.