Dark/Light Mode

Demokrat Laporkan Dugaan Penggelembungan Suara Dapil 2 Jakut Ke Bawaslu

Selasa, 12 Maret 2024 20:44 WIB
Saksi Partai Demokrat Jakarta Utara, Usman melaporkam ugaan penggelembungan suara di Dapil 2 Jakarta Utara (Jakut) resmi dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Selasa (12/3/2024). Foto: Istimewa
Saksi Partai Demokrat Jakarta Utara, Usman melaporkam ugaan penggelembungan suara di Dapil 2 Jakarta Utara (Jakut) resmi dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Selasa (12/3/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dugaan penggelembungan suara di Dapil 2 Jakarta Utara (Jakut) resmi dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pelaporan itu disampaikan saksi Partai Demokrat Jakarta Utara, Usman.

"Kami sudah melaporkan dugaan penggelembungan suara di Dapil 2 Jakarta Utara pada Bawaslu RI dan Bawaslu DKI," kata Usman, Selasa (12/3/2024).

Dia mengatakan, pelaporan yang dilakukan Partai Demokrat ke Bawaslu DKI pada 10 Maret 2024. Sementara, pelaporan pada Bawaslu RI dilakukan pada 8 Maret 2024.

Baca juga : Dua Caleg Golkar DKI Serahkan Bukti Dugaan Kecurangan Pileg 2024 Ke Bawaslu

"Untuk pelaporan yang dilakukan ke Bawaslu RI itu dilakukan atas nama Neneng Hasanah selaku caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 2 Jakarta Utara. Sementara, DPD Partai Demokrat DKI melaporkan ke Bawaslu DKI," ujarnya.

Lebih lanjut, Usman memaparkan pelaporan yang dilakukan pada dua tingkatan di Bawaslu RI dan DKI, dikarenakan dua persoalan yang saling berkaitan.

Partai, kata Usman melaporkan dikarenakan adanya kerugian perolehan kursi di Dapil 2 Jakarta Utara. Sementara, posisi Neneng Hasanah sebagai Caleg merupakan pihak yang dirugikan.

Baca juga : KPK Ungkap Ada Mark Up Dalam Pengadaan Kelengkapan Rumah Dinas DPR

"Neneng Hasanah sebagai Caleg, yang seharusnya mendapatkan satu kursi harus tergeser dan tidak mendapatkan kursi," jelasnya.

Usman mengungkapkan, pihaknya menyerahkan bukti-bukti, seperti C1 hasil dari saksi-saksi tiap TPS dan D1 hasil PPK kecamatan Cilincing yang disandingkan dengan D1 hasil PPK kecamatan Cilincing versi kedua.

"Kami optimistis jika kotak suara dibuka dalam sidang Bawaslu, 100 persen kami yakin hak satu kursi Demokrat di Dapil 2 akan kembali pada kami," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.