Dark/Light Mode

Liga Europa

Arsenal Vs Porto FC, Meriam London Siap Ngebom Wakil Portugal

Selasa, 12 Maret 2024 05:27 WIB
Para pemain Arsenal di ajang Liga Inggris. (Foto : Ist)
Para pemain Arsenal di ajang Liga Inggris. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keperkasaan Arsenal akan diuji wakil Portugal, FC Porto, di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, Rabu (13/3) dini hari nanti.

Bagi The Gunners alias Meriam London, tugas ini tidak mudah. Mereka harus membalikkan kekalahan saat di leg pertama dengan skor tipis 0-1.

Tapi, jelang laga kontra Porto, tim asuhan Mikel Arteta itu mendapat suntikan semangat. Arsenal berhasil merebut puncak klasemen Liga Primer Inggris, setelah mengalahkan Brentford 2-1, di Stadion Emirates, Minggu (10/3/2024) dini hari WIB.

Mikel Arteta sangat senang, sehingga dia melontarkan pujian terhadap Kai Haverts setelah pemain tersebut berhasil mencetak gol yang menentukan kemenangan Arsenal dengan skor 2-1 atas Brentford.

Gol krusial dari Havertz di menit ke-86 tidak hanya mengamankan kemenangan namun juga mengangkat posisi Arsenal ke puncak tabel sementara Liga Inggris dengan total 64 poin. Posisi kedua dibuntuti Liverpool dengan poin sama, setelah bermain imbang 1-1 atas Manchester City di Anfield pada dini hari kemarin.

Baca juga : Liga Europa, Klopp Siap Turunkan Mo Salah

Arteta menyatakan kegembiraannya atas performa Havertz di situs resmi Arsenal, dan mengungkapkan betapa takjubnya dia bahwa Havertz telah menjadi favorit penggemar, sesuatu yang awalnya dia anggap sulit terjadi setelah hanya beberapa bulan pertama pemain itu berada di stadion.

“Saya sangat senang (dengan penampilan Havertz). Jika seseorang mengatakan kepada saya setelah dua atau tiga bulan pertama seluruh stadion meneriakkan nama dia (Havertz) dengan semangat, akan sulit dipercaya. Tapi itulah yang terjadi pada pemain yang luar biasa,” kata Arteta di laman resmi Arsenal.

Lebih lanjut, Arteta menekankan konsentrasi timnya pada upaya membalas kekalahan 0-1 dari Porto di leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang akan diadakan di London pada hari Rabu, 13 Maret 2024.

Selain itu, pertemuan dengan Manchester City dijadwalkan pada 31 Maret 2024 di Stadion Etihad. “Liga Primer sudah selesai dan kami tidak akan bermain di sana dalam 19 hari ke depan.

Fokus kami sekarang sepenuhnya tertuju pada Porto. Kami berpeluang mendapatkan apa yang tidak bisa diraih dalam 14 tahun terakhir, yakni menembus perempat final UCL. "Jadi, itulah tantangan bagi kami,” ucap Arteta di laman resmi klub.

Baca juga : AC Milan Vs Slavia Praha, Rossoneri Lagi Onfire

Sementara, Porto akan berurusan juga dengan masifnya tekanan dari suporter tuan rumah. Musim ini Porto sebenarnya cukup bagus di laga away Liga Champions.

Satu kekalahan diderita atas Barcelona namun mereka meraih dua kemenangan di kandang Shakhtar Donetsk dan Royal Antwerp. Secara keseluruhan, sudah lima kekalahan diderita Porto di laga tandang semua kompetisi musim ini.

Jika gagal mengatasi tekanan di London, kekalahan keenam bisa dirasakan Porto sekaligus membuat mereka tersingkir dari Liga Champions.

“Saya berharap tim bisa mendapatkan dukungan lebih besar saat menghadapi Porto. Karena dengan demikian, kami akan memiliki kans lebih besar lolos,” lanjut Arteta.

Kini, tugas Porto menghindari kekalahan di markas Arsenal. Walau hal itu tidak akan mudah jika melihat kondisi terkini serta rekor pertemuan kedua tim.

Baca juga : Liverpool Vs Sparta Praha , Si Merah Full Team

Arsenal dalam periode empat kemenangan beruntun di kandang yang semuanya terjadi di EPL. Total dari empat kemenangan itu mereka mengemas 14 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Secara keseluruhan, musim ini Arsenal telah memainkan 18 laga kandang. Total mereka meraih 14 kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan.

Sebuah statistik yang boleh membuat Porto waswas. Dalam sejarahnya, Porto juga tidak pernah menang di markas Arsenal.

Tiga kali mencoba peruntungan di Stadion Emirates, tiga kali pula Porto kembali ke Portugal dengan kekalahan. Bahkan tidak ada satu pun gol yang bisa dibuat Porto dan di sisi lain mereka kebobolan 11 gol. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.