Dark/Light Mode

Milenial Dan Akademisi Ini Puji Aksi Gibran Di Debat Cawapres

Senin, 22 Januari 2024 19:49 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah selesai menggelar sesi debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) keempat 2024. Debat kali ini diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Penampilan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada debat keempat Pilpres 2024 yang jauh lebih baik dari sebelumnya mendapat perhatian dari kalangan milenial hingga akademisi.

Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) Nurkhasanah, melihat Gibran sebagai sosok optimis dan membicarakan Indonesia kedepan yang lebik baik.

"Penguasaan materi dan Mas Gibran jauh lebih unggul dari cawapres lainnya yang hanya berbicara normatif, sementara cawapres nomor urut 2 lebih subtantif dan memiliki langkah-langkah terobosan yang cocok dengan kondisi zaman now," jelas Nurkhasanah dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Senin (21/1/2024).

Baca juga : Wiranto Puji Penampilan Gibran Saat Debat Cawapres

"Penampilan Mas Gibran luar biasa, menguasai materi debat, sangat percaya diri dan tampil dengan elegan," imbuhnya.

Kata Nurkhasanah, Gibran menjadi idola baru bagi kalangan Gen Z dan Milenial yang dalam penyampaian ulasan saat debat memiliki struktur kata yang baik dan mudah pahami.

"Saya suka dengan cara pandang Mas Gibran, yang dalam penyampaiannya sistematis, mudah dipahami bagi anak zaman now seperti kami ini," ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB), Khairul Anam menilai Gibran tampil dengan lugas dan memiliki pemahaman yang sangat mendalam terhadap materi debat dibanding cawapres lain.

Baca juga : Ini Data Percakapan Terpopuler Pasca Debat Cawapres

"Apa yang disampaikan Mas Gibran patut kita acungi jempol, ini sebagai sinyalemin terhadap penguasaan materi dalam debat kali ini, keren banget performa beliau," ungkap Anam.

Menurut Anam, dalam penyampainnya Gibran dapat mengelaborasi dengan sangat baik antara konsep dan pengalaman dia sebagai Wali Kota Solo yang bisa dibilang berhasil memimpin Kota Solo.

"Gagasan Mas Gibran kekinan banget, dan ini cocok untuk kalangan anak muda, misal disitu terkait konsep smart farming, green job, crowdfunding (saham desa) dan lainnya, itu mencirikan pemimpin yang adaptif dan dekat dengan keinginan anak muda sekarang," jelas Anam.

Sementara itu, Akademisi Univesitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Indra Fahrizal mengutarakan, bahwa Gibran sangat menguasai topik malam ini yang memang sedang dibicarakan.

Baca juga : Survei Indikator: Penampilan Prabowo Terbaik Di Debat Capres 7 Januari

"Pertama adalah tentang green ekonomi, disini jelas memang bahwa masa depan ekonomi sangat tergantung dengan bagaimana meningkatkan green ekonomi, karena dari green ekonomi inilah, kita nanti akan mencapai suitainable development goals (SDGs) saya pikir itu yang bagus dan saya lihat dari cawapres yang lain, tidak siap mengemukakan terkait hal tersebut," kata Indra.

Indra juga menyinggung soal lahan yang utarakan oleh Cawapres nomor urut 1 dan 3 (Cak Imin dan Mahfud MD) sebagai masalah klasik dan banyak faktor dan semua stake holder perlu mempertimbangkan hal itu untuk dicarikan jalan keluar terbaik.

"Saya pikir, para milenial harus melihat nanti apa yang mereka lakukan, bukan hanya memperdebatkan masalah yang sekarang, mereka incumbent tapi mereka seperti tidak bisa menyelesaikan," paparnya.

Diketahui, Debat di Jakarta Convention Center pada Minggu malam itu bertema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.