Dark/Light Mode

Balapan Utama MotoGP Portugal 2024

Martinator Juara, Pecco Legowo

Selasa, 26 Maret 2024 06:30 WIB
Jorge Martin. (Foto: IG 89jorgemartin)
Jorge Martin. (Foto: IG 89jorgemartin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap MotoGP dari tim Pramac Jorge Martin jadi jawara di Balapan Utama seri MotoGP Portugal 2024. Tapi, gelar diraih The Martinator -julukan Jorge Martin- seperti tertutup karena crash atau kecelakaan antara pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan rider Gresini Marc Marquez.

Insiden crash antara kedua pebalap itu terjadi pada lap 23 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao itu.

Pecco -panggilan katib Francesco Bagnaia- terjatuh dengan Marquez saat berebut posisi ke-5.

Awalnya, Marquez yang ada di posisi ke-6 menyalipnya di tikungan. Karena tidak ingin kehilangan posisi, Pecco lalu mencoba kembali menyalip dari sisi dalam. Tapi, di saat yang sama, Marquez berusaha menu­tup celah. Tabrakan pun tak bisa dihindarkan.

Baca juga : Hasbi Hasan Fitnah, Sengaja Cari Sensasi

Atas kejadian itu, Pecco yang merupakan juara dunia bertahan MotoGP mengaku maklum. Menurutnya, insidennya den­gan Marquez adalah hal normal terjadi di lintasan balap. Meski marah, dia mengaku, ingin segera melupakan kejadian itu.

“Ketika ada rival berkendara di depanmu lalu melebar, apa yang akan dilakukan? Coba menyalipnya kembali untuk mendapat poin lebih banyak,” kata Bagnaia, dilansir laman resmi 𝘔𝘰𝘵𝘰𝘎𝘗, kemarin.

Dari sudut pandangnya, itu bukanlah tindakan berisiko. Tapi, tetap saja dia mengaku, kecewa. Karena merasa gagal di balapan di Portugal. Pasalnya, di Balapan Utama dia gagal mendapat poin. Sedangkan, di Sprint Race, dia hanya meraih enam poin karena hanya finish di posisi empat.

Penampilan kurang memuas­kan ini membuat Pecco terlem­par dari posisi pimpinan klase­men sementara ke posisi ke-4. Kini, Pecco memiliki 37 poin. Terpaut 23 poin dari Martin yang berada di puncak klasemen.

Baca juga : Soal Gibran, Anies-Ganjar Belum Bisa Move On

Pebalap Italia itu berharap bisa tampil lebih konsisten pada balapan selanjutnya. Dimulai dari balapan seri selanjutnya di Sirkuit Amerika, Amerika Serikat pada 12-14 April men­datang.

“Kami tahu, masih ada 38 balapan, kejuaraan dunia masih sangat panjang,” katanya.

Terpisah, Marquez men­gatakan, insiden dialaminya dengan Pecco tidak diinginkan oleh siapapun.

Lagipula, katanya, otoritas MotoGP telah memutuskan bahwa itu adalah insiden bala­pan. Serta tidak ada sanksi yang diberikan pada masing-masing pebalap.

Baca juga : Banteng Juara Tapi Kursinya Di DPR Berkurang Banyak

Lebih lanjut, meski tidak ses­uai harapan, rider berjuluk The Baby Alien itu cukup puas den­gan pencapaiannya di MotoGP Portugal. “Saya puas dengan itu. Kami terus berkembang!” kata Marquez.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 26 Maret 2024 dengan judul Balapan Utama MotoGP Portugal 2024, Martinator Juara, Pecco Legowo

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.