Dark/Light Mode

Kesaksian Ajudan Syahrul Yasin Limpo

Eks Irjen Disebut Pernah Disuruh Koordinasi Ke KPK

Kamis, 18 April 2024 06:10 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024). (Foto: M. Wahyudin/RM)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024). (Foto: M. Wahyudin/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bekas Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan), disebut dalam sidang pengadilan Syahrul Yasin Limpo.

Eks Pejabat Eselon 1 itu disebutkan pernah diminta berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai penyidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal itu terungkap dari kesaksian Panji Hartanto, ajudan man­tan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pada sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 17 April 2024.

Baca juga : Saat Halal Bihalal, Prabowo Bahas Peluang Banteng Masuk Koalisi

Panji mengungkapkan, Syahrul pernah mengumpulkan pe­jabat eselon I Kementan di rumah dinas menteri di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. “Ada masalah di KPK,” tuturnya. “Ada surat penyidikan (KPK) sekitar 2022.”

“Pada saat dikumpulkan itu apa yang diutarakan?” cecar jaksa KPK.

“Bapak (Syahrul Yasin Limpo) instruksikan Irjen (Inspektur Jenderal) untuk koordinasi,” jawab Panji.

Baca juga : Kirim Surat Tulisan Tangan, Ketum PDIP Memohon-mohon Ke Hakim MK

“Inspektur Jenderal (dijabat) siapa?” kejar jaksa.

“Waktu itu Pak Jan Maringka,” sebut Panji.

“Diinstruksikan untuk apa?” korek jaksa.

Baca juga : Jokowi-Mega Belum Silaturahmi Lebaran

“Untuk koordinasi ke KPK,” ungkap Panji.

Dihubungi Rakyat Merdeka, Jan menyatakan, tidak pernah di­suruh berkoordinasi dengan KPK saat menjabat Irjen Kementan.

“Mungkin (perintahnya) ke­pada Plh (Pelaksana Harian) Irjen sebelum saya dilantik. Saat itu dijabat Kasdi Subagyono,” ujar lewat pesan tertulis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.