Dark/Light Mode

Indonesia Ke Semifinal, STY Diserbu Netizen Korsel

Jumat, 26 April 2024 13:31 WIB
Shin Tae-yong. (Foto : ist)
Shin Tae-yong. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Netizen Korea Selatan kecewa usai timnya disingkirkan Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kekalahan Timnas Korea Selatan, Taeguk Warriors asuhan  Hwang Sun-hong itu membuat netizen Korea sangat kesal dengan penampilan tim kebanggaannya tersebut. Pelatih Shin Tae-yong jadi sasaran.

Dkutip dari media sosial Twitter atau X pada Jumat (26/4/2024), netizen asal Korea Selatan mengungkapkan kekesalannya..

“Semoga bohong. Kita kalah adu penalti melawan Indonesia, kita tidak bisa ikut olimpiade untuk pertama kalinya sejak olimpiade 1988, dan Jepang yang kalah dari kita menang. melawan Qatar dan melaju ke semifinal,” tulis akun X @xhewwo.

Baca juga : Indonesia Ke Semifinal, Shin Tae-yong Bangga Sekaligus Sedih

“Sebelum melihat ini: Shin Taeyong melakukan tugasnya. Pasti gila karena orang Indonesia menyukainya. Setelah melihat ini: Anda adalah seorang pengkhianat. Jangan datang ke Korea,” tulis akun X @NkihK.

“Jika Anda pernah melihat Shin Tae-yong keluar dan memberikan latihan taktis di Let’s Get Together, Anda pasti tahu kalau dia bukanlah orang biasa. Netralkan serangan lawan dengan taktik menggerakkan dua orang dalam satu garis lurus bertahan, dan sebaliknya saat menyerang, pindah ke sisi penyerang lalu menyerang secara tiba-tiba. Apakah kamu mengatakannya lagi kali ini?” tulis akun @Arnold28341985.

Tim Garuda Muda mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB lewat drama adu tendangan penalti.
Garuda Muda secara heroik menang atas Korsel. Garuda Muda menang 11-10 (2-2) lewat babak adu penalti

Kemenangan ini membuat Indonesia mengukir sejarah baru di Piala Asia. Sebagai debutan, Indonesia langsung bisa lolos ke babak semifinal dan berpeluang tampil di Olimpiade.

Baca juga : The Citizens Cetak Sejarah Baru Lagi

Sementara itu, kekalahan ini membuat rekor Korea Selatan yang selalu tampil di Olimpiade terputus. Rekor itu dihancurkan Shin Tae-yong yang merupakan pelatih asal Korsel.

“Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit,” tutur Shin Tae-yong, dikutip dari media Korsel Nate Sports.

“Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia,” ucap Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong, mengakui hasil ini meningkatkan kepercayaan diri timnya. Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai Timnas Indonesia U-23.

Baca juga : Indonesia Komit Kuatkan Kerja Sama Strategis Dengan Korsel

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final,” ucap pria yang akrab dikenal dengan inisial STY ini.

“Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar,” ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Arab Saudi pada semifinal Piala Asia U-23 2024.

Uzbekistan dan Arab Saudi merupakan finalis Piala Asia U-23 2022.  Arab Saudi merupakan juara bertahan, sedangkan Uzbekistan juga pernah menjadi kampiun pada Piala Asia U-23 2018.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.