Dark/Light Mode

Setelah 14 Tahun, Tim Uber Indonesia Akhirnya Tembus Semifinal

Jumat, 3 Mei 2024 13:26 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : ist)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk kali pertama setelah 14 tahun, Tim Uber Indonesia berhasil menembus semifinal. Kemenangan atas Thailand di perempatfinal Thomas-Uber Cup 2024, Jumat (3/5/2024), memastikan langkah tersebut.

Poin pertama Indonesia disumbang pemain putri terbaik Indonesia saat ini, Gregoria Mariska Tunjung. Jorji -sapaan karib- Gregoria, menaklukkan pemain nomor satu Thailand Ratchanok Intanon, dua gim langsung 22-20, 21-18 dalam waktu 49 menit.

Berlaga di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, pertarungan imbang terjadi sejak gim awal. Laju perebutan poin berjalan begitu ketat, hingga akhirnya Jorji menyamakan kedudukan di poin kritis 17-17 dan unggul tipis 18-17.

Berikutnya, Jorji pertama kali meraih game point 20-19. Namun, Intanton tak menyerah dan berhasil menyamakan kedudukan. Di saat kritis, Jorji akhirnya keluar dari tekanan dan menutup gim pertama dengan keunggulan.

Baca juga : Kalah Di Tangan Irak, Mimpi Indonesia Berlaga Di Olimpiade Paris Belum Kandas

Di gim kedua, Jori langsung mengambil poin pertama. Meskipun Intanon sempat mengimbangi bahkan mengunggulinya, dengan gigih mengejar serta kembali unggul tipis, sebelum menutup gim kedua dengan keunggulan tiga poin.

“Bersyukur bisa menyelesaikan dengan baik. Rasanya happy, bersyukur, dan dengan dukungan teman-teman menambah kepercayaan diri saya,” kata Jorji.

Keunggulan Indonesia bertambah dari pasangan ganda putri  Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Duet berjuluk Minionwati itu mengalahkan pasangan Jongkolphan Kitiharakhul/Rawinda Prajongjai 21-17, 21-14 dalam tempo 51 menit.

Di pertandingan ini, Apri/Fadia mampu bertahan dan sabar dalam meladeni reli-reli panjang. Hingga bisa merebut kemenangan gim pertama. 

Baca juga : Lawan Thailand, Tim Uber Pede Tembus Semifinal

Di gim kedua, Apri/Fadia masih mempertahankan dominasi mereka melalui bola-bola rapat yang sulit dikembalikan Kititharakul/Prajongjai. Mereka pun menutup gim dengan kemenangan, dan menambah keunggulan Indonesia jadi 2-0.

“Cara bermain tidak jauh berbeda, karena kami sudah sama-sama sering bertemu, dan tadi di lapangan kami benar-benar in dan siap,” kata Fadia, usai pertandingan.

Kelolosan para Srikandi Merah Putih ke semifinal kemudian ditentukan tunggal kedua, Ester Nurumi Tri Wardoyo.  Ester menang atas Supanida Katethong dengan skor 19-21, 21-19, 21-19 dalam tempo 83 menit.

“Senang bisa membawa Indonesia (ke semifinal), dan menjadi penentu kemenangan juga,” kata Ester saat ditemui usai pertandingan.

Baca juga : Peluang Bagi Indonesia, Permintaan Tenaga Perawat Di Jerman Terus Meningkat

Ini merupakan pertama kalinya Indonesia lolos ke semifinal Piala Uber setelah edisi 2010 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Di babak semifinal yang berlangsung besok, Indonesia akan berjuang lolos ke final dengan menghadapi Korea Selatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.