Dark/Light Mode

Hajar Korea Di Laga Thomas-Uber Cup 2024

Srikandi Indonesia Melaju Ke Final

Minggu, 5 Mei 2024 06:30 WIB
Tim bulu tangkis putri Indonesia merayakan kemenangan usai menang atas Korea Selatan dalam babak semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Tim bulu tangkis putri Indonesia merayakan kemenangan usai menang atas Korea Selatan dalam babak semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Uber Indonesia memastikan lolos ke babak final turnamen Uber Cup 2024. Kemenangan dramatis 3-2 atas Korea Selatan (Korsel), membuat Srikandi bulutangkis Merah Putih mengulang momen 16 tahun lalu.

Dalam pertandingan yang mementaskan seluruh partai, Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan di nomor tunggal. Sebaliknya, Korsel berhasil memenangkan semua pertandingan di nomor ganda.

Keunggulan Indonesia di­awali tunggal andalan, Gregoria Mariska Tunjung. Pemain yang karib disapa Jorji itu menang atas Sim Yu Jin, 21-15, 21-13, dalam waktu 32 menit pada pertandingan yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, kemarin.

Melawan Sim, Jorji menga­wali laga dengan cukup mulus. Pemain peringkat sembilan du­nia itu segera memegang control permainan, dan mendominasi jalannya pertandingan.

Di gim ke-2, kepercayaan diri Jorji membuat Sim gagal mengembangkan permainan. Kualitas pukulan dan pertahanan solid Jorji semakin menyulitkan bagi lawan untuk meraih angka. Juara Japan Masters 2023 itu menutup laga dengan kemenan­gan, dan membawa Indonesia unggul 1-0.

“Puji Tuhan, bisa membuka poin pertama. Di laga ini, saya mempersiapkan keberanian karena line-up tidak sesuai eks­pektasi sebelumnya,” jelas Jorji usai pertandingan.

Baca juga : Anak Bebas, Gantian Bapak Masuk Lapas

Korsel kemudian menya­makan kedudukan. Kekalahan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari Ha Na/ Lee So Hee membuat skor kedua negara jadi 1-1. Apri/Fadia kalah dua gim langsung 6-21, 18-21 dalam tempo 42 menit.

Apri/Fadia tampak tidak nya­man dan berusaha menemukan pola permainan terbaik di awal. Pertahanan Baek/Lee juga begitu sulit ditembus. Hingga gim per­tama ditutup dengan Apri/Fadia hanya meraih satu digit poin.

Di gim ke-2, Apri/Fadia mulai menemukan strategi yang tepat untuk mengimbangi. Mereka ju­ga sempat unggul tipis. Namun, Baek/Lee tetap terlalu tangguh, dan memaksa Apri/Fadia me­nyerah.

“Saya merasa saya harus kem­bali konsisten di pukulan dan pikiran. Kami harus sabar dan telaten,” ujar Apri, usai laga.

Skor kembali berubah untuk keunggulan Indonesia, 2-1. Adalah tunggal kedua Ester Nurumi Tri Wardoyo yang me­nyumbangkan poin. Setelah mengalahkan Kim Ga Ram dalam laga rubber game, 20-22, 21-16, 21-12.

Pertandingan kedua pemain berlangsung sengit sejak aw­al. Dengan silih berganti me­mimpin. Hingga pada akhirnya Kim merebut gim pertama.

Baca juga : Mau Bikin Klub Presiden, Prabowo Ingin Mega, SBY, Jokowi Guyub

Di gim ke-2, Ester berusaha untuk tampil lebih tenang sem­bari menjaga kontrol. Ester juga semakin berani melancarkan bola-bola yang lebih kuat dan variatif. Gim ini akhirnya dire­but Ester.

Di gim penentuan, Ester tampil lepas, hingga membuat lawannya tampak tertekan. Adik dari tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo akhirnya menang setelah menang di gim penentuan.

Korea Selatan kembali menya­makan kedudukan. Ganda pu­tri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dipaksa mengakui keung­gulan pasangan Jeong Na Eun/ Kong Hee Yong dua gim langsung dengan skor 15-21, 14-21.

“Mereka lebih rapat dan kita banyak error sendiri, jadi pola permainan yang kita inginkan tidak berjalan,” jelas Lanny usai laga.

Skor imbang memaksa par­tai kelima harus dimainkan. Indonesia menggantungkan ha­rapan lolos ke final pada pemain belia, Komang Ayu Cahya Dewi. Harapan yang akhirnya dibayar tuntas dengan kemenangan.

Di partai terakhir, Komang yang berhadapan dengan Kim Min Sun harus berjuang selama tiga gim sebelum menang, 17- 21, 21-16, 21-19.

Baca juga : Soal Pemerintahan, Luhut Kasih Pesan Keras ke Presiden Terpilih

Usai pertandingan, Komang mengaku sempat mendapat tekanan selama laga. Apalagi, dirinya diplot sebagai penentu nasib Tim Uber.

Under pressure semuanya jadi tidak enak. Saya coba fokus, solusi di lapangannya seperti apa,” ujar Komang.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 5 Mei 2024 dengan judul Hajar Korea Di Laga Thomas-Uber Cup 2024, Srikandi Indonesia Melaju Ke Final

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.