Dark/Light Mode

Apakah Program Merdeka Belajar Perlu Dilanjutkan?

Dede Yusuf: Esensi Semangatnya Saya Akui Bagus

Sabtu, 4 Mei 2024 07:50 WIB
Dede Yusuf, Wakil Ketua Komisi X DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Dede Yusuf, Wakil Ketua Komisi X DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengklaim, program Merdeka Belajar yang digagasnya mulai membawa kemajuan dunia pendidikan.

Menurut Nadiem, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sudah mulai terlihat, berkat gerakan Merdeka Belajar.

Nadiem menilai, anak-anak In­donesia berani bermimpi karena merasa merdeka belajar di kelas. Selain itu, dia menyebut, ada peran guru dalam suksesnya belajar mengajar.

Baca juga : Satriwan Salim: Merdeka Belajar Perlu Perbaikan Dan Revisi

“Para guru pun mampu menjadi pemimpin pembelajaran dengan menciptakan proses belajar mengajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” kata Nadiem saat berpidato dalam upacara peringatan Hari Pendidi­kan Nasional (Hardiknas) 2024, di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Melalui Merdeka Belajar, lanjutnya, mahasiswa siap un­tuk berkarya dan berkontribusi, karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

Di sisi kebudayaan, kini semarak karya-karya kreatif seniman dan pelaku budaya yang berkembang, karena terus didukung untuk berprestasi.

Baca juga : 301 KK Segera Direlokasi

Untuk itu, mantan bos Gojek ini, mengajak semua pihak untuk meneruskan gerakan Merdeka Belajar secara berkelanjutan. Sebab, masyarakat mulai merasakan perubahan ekosistem pendidikan dan kebudayaan.

Nadiem sekaligus pamit, kare­na jabatannya sebagai Mendik­budristek segera berakhir. Untuk itu, dia meminta semua pihak bisa melanjutkan program yang sudah dikerjakan pada eranya.

“Semua yang sudah kita upayakan, harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah per­wujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tuturnya.

Baca juga : PAN: NasDem & PKB Gabung,Pemerintahan Baru Kian Kuat

Namun, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim  menilai, program Merdeka Belajar harus dievaluasi total. Bahkan, dia meminta agar Mendikbudristek setelah Nadiem, adalah figur yang mengerti kebutuhan dunia pendidikan Indonesia.

"Bagi P2G, hampir lima tahun ini, perubahan perbaikan fundamental pendidikan dan guru, belum banyak terjadi," kata Satriwan, Jumat (3/5/2024).

Lantas, apakah Program Merdeka Belajar era Nadiem ini layak dilanjutkan? Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Anggota Komisi X DPR Dede Yusuf.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.