Dark/Light Mode

Banjir, MotoGP Kazakhstan Ditunda

Minggu, 5 Mei 2024 16:52 WIB
Duel MotoGP pada musim 2024. (Foto : ist)
Duel MotoGP pada musim 2024. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - MotoGP Kazakhstan yang rencananya berlangsung pada 14-16 Juni 2024 ditunda akibat banjir. Para petinggi MotoGP sedang berdiskusi untuk memindahkan jadwal balapan ke akhir tahun.

Dalam pernyataan resmi, FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan, Grand Prix Kazakhstan musim 2024 akan ditunda pada akhir tahun sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Dikutip dari Crash, Minggu (5/5/2024), Dorna Sport tidak ingin pemerintah Kazakhstan harus menyiapkan balapan di tengah bencana banjir yang melanda Asia Tengah tersebut.

Baca juga : MotoGP, Marquez Dituding Pakai Cara Kotor

Rencana penyelenggaraan MotoGP Kazakhstan terbilang alot. Tahun lalu Kazakhstan seharusnya jadi tuan rumah pada 9 Juli 2023, namun gagal sebab sirkuit Sokol International Race Track belum homologasi.

Keluarnya Kazakhstan pada kalender 2023 membuat jumlah seri tahun lalu menjadi 20 seri dari semula 21 seri, sehingga membuat persaingan para pembalap bakal lebih ketat karena poin di Kazakhstan tidak dihitung.

“Kondisi cuaca yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menyebabkan banjir di seluruh Asia Tengah, menyebabkan keadaan darurat nasional di Kazakhstan dan membuat sebagian besar penduduk mengungsi,” tulis MotoGP

Baca juga : MotoGP, Bagnaia Bakal Awet Di Ducati

“MotoGP tidak bertanggung jawab untuk menambah beban pada pihak berwenang atau layanan saat mereka berupaya membantu puluhan ribu orang yang terkena dampak di seluruh negeri,” tulis pernyataan.

“Oleh karena itu, Arena Balap Internasional Sokol tidak akan menjadi tuan rumah MotoGP pada tanggal yang diumumkan sebelumnya, dan pembaruan lebih lanjut akan dipublikasikan setelah dikonfirmasi,” tulis MotoGP.

“Sebagai prioritas utama kami, MotoGP menyampaikan belasungkawa dan dukungan kami kepada masyarakat Kazakhstan dan semua yang terkena dampak banjir di Asia Tengah. Kami berharap negara, wilayah, dan komunitas yang terkena dampak dapat pulih secepatnya,” demikian pernyataan MotoGP.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.