Dark/Light Mode

Manchester United Vs Newcastle United, Kejar Tiket Lolos Kompetisi Eropa

Rabu, 15 Mei 2024 06:40 WIB
Pemain Manchester United. (Foto: Andrew Couldridge/Action Images/Reuters)
Pemain Manchester United. (Foto: Andrew Couldridge/Action Images/Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester United (MU) akan menjamu Newcastle United pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, dini hari nanti. Bagi kedua tim, pertandingan sangat penting untuk memastikan tiket lolos ke kompetisi Eropa.

Meski Tim Setan Merah - julukan MU, berstatus tuan rumah, justru diprediksi kalah. Prediksi ini tak lepas dari dua hasil pertemuan terakhir musim ini. Newcastle selalu menang atas MU, baik ketika bermain di St. James’ Park maupun Old Trafford.

Tapi, pertemuan kali ini tetap layak disimak karena akan berlangsung sengit. Pasalnya, baik MU ataupun Newcastle masih sama-sama berpeluang merebut tiket lolos ke kompe­tisi Eropa. The Red Devils saat ini duduk di tangga delapan klasemen Liga Inggris, dengan koleksi 54 poin. Sementara The Magpies ada di posisi keenam dengan mengantongi 57 poin.

Baca juga : Semifinal Playoffs NBA, Thunder Tumbangkan Mavs

Capaian meraih tiket lolos ke ajang Eropa bagi kedua tim tentu menjadi pelipur lara bagi kedua tim. Sebab, di sepanjang musim 2023/2024 ini mereka sama-sama terpuruk, dan sulit untuk bangkit karena kompetisi tinggal menyisakan dua laga lagi.

Karena itu, MU dan Newcastle dipastikan bakal bertarung habis-habisan agar bisa finish di per­ingkat kelima, yang merupakan syarat untuk mendapatkan tiket tersebut. Mengingat, selain ked­uanya, masih ada sejumlah tim lain yang masih berpeluang lolos ke Liga Europa, yaitu Tottenham Hotspur yang menempati pering­kat kelima dengan 63 poin, dan Chelsea yang menempati pering­kat ketujuh dengan 57 poin.

Akan tetapi, jumlah kuota lo­los sampai saat ini masih fleksi­bel. Karena masih menunggu hasil final Piala FA 2023/2024 antara Man City vs Man United.

Baca juga : Tengku Dewi Putri, Bongkar Deretan Simpanan Suami

Berdasarkan regulasi, juara FA Cup akan mendapat tiket ke fase grup Liga Europa. Karena itu, jika Man City juara Piala FA, maka jatah tiket lolos akan diberikan ke­pada tim peringkat 6 di liga. Lalu tiket lolos ke UECL jatuh kepada tim peringkat ketujuh.

Artinya, MU masih punya dua cara untuk lolos ke Liga Europa. Pertama, dengan menjuarai Piala FA. Keduanya berusaha finis di peringkat 6 sebagai an­tisipasi jika kalah di final Piala FA. Situasi ini jelas membuat MU wajib menang atas tamunya nanti. Ini untuk mengantisipasi andai menelan kekalahan atas City di final Piala FA. Artinya, laga nanti bisa dikatakan seb­agai kesempatan terakhir untuk mengamankan posisi ke Eropa.

“Kami bisa bermain kompeti­tif saat melawan Arsenal akhir pekan lalu. Padahal, banyak yang sedang cedera, tapi kami ber­hasil memberikan perlawanan. Kami memang payah saat mela­wan Crystal Palace (kalah 4-0), tapi bisa bermain bagus melawan Arsenal,” kata Pelatih MU Ten Hag seperti dikutip dari laman resmi klub, Selasa (14/5/2024).

Baca juga : Kegembiraan Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci: Dari Sujud Syukur, Nangis, Sampai Selfie di Bandara

Sementara itu, laga kali ini ju­ga krusial bagi kubu Newcastle. Kemenangan bisa saja memas­tikan 1 tiket ke Eropa, entah ke UEL atau UECL, dengan catatan City bisa memenangi Piala FA. Tapi jika sampai kalah, persain­gan bakal lebih menarik karena poin kedua tim menjadi sama jelang pekan terakhir EPL.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 15 Mei 2024 dengan judul Manchester United Vs Newcastle United, Kejar Tiket Lolos Kompetisi Eropa

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.