Dark/Light Mode

Man. City Vs West Ham United, Menanti Pesta Di Stadion Etihad

Sabtu, 18 Mei 2024 06:40 WIB
Manchester City sedang mempersiapkan pesta menyambut gelar keempat Liga Primer Inggris. (Foto: AFP/Ben Stansall)
Manchester City sedang mempersiapkan pesta menyambut gelar keempat Liga Primer Inggris. (Foto: AFP/Ben Stansall)

RM.id  Rakyat Merdeka - Stadion Etihad, markas Manchester City sedang mempersiapkan pesta menyambut gelar keempat Liga Primer Inggris musim ini. The Citizens akan melakoni laga terakhir sekaligus penentuan juara menghadapi West Ham United.

Tim asuhan Pep Guardiola ini tinggal selangkah lagi mengunci gelar juara Liga Primer Inggris keempat kali berturut-turut. Saat ini, City menempati po­sisi puncak klasemen dengan 88 poin atau unggul dua poin dari pesaingnya Arsenal. Pada saat bersamaan Arsenal akan menghadapi Everton.

Jika City kalah dari West Ham, sementara Arsenal menang, maka pesta kemenangan akan berpindah ke Stadion Emirates, markas Arsenal. Untuk itu, City wajib menang untuk menga­mankan gelar.

Lalu, Jika Arsenal menang atas Everton dan City imbang lawan West Ham, poin kedua tim bakal sama, yaitu 89 poin di akhir musim musim. Pada situasi itu, sesuai regulasi, maka selisih gol jadi penentu posisi di klasemen. Saat ini, Arsenal (+61) punya selisih gol lebih baik daripada Man City (+60). Jadi, jika poin nya sama, Arsenal bakal juara.

Liga Primer Inggris telah menetapkan beberapa kriteria untuk menentukan posisi klase­men musim 2023/2024. Kriteria itu diterapkan secara berurutan yaitu poin, selisih gol, gol yang dicetak.

Baca juga : 4 Garuda Angkat Koper

Jelang laga tersebut, City harus mewaspadai kekuatan bahkan keberuntungan dari West Ham. The Hammers - julukan West Ham bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh be­gitu saja. Saat ini tim asuhan David Moyes ini berada di posisi kesembilan klasemen dengan mengemas 52 poin.

Dalam laga terakhirnya, mer­eka juga berhasil memetik ke­menangan kala berhadapan dengan Luton Town dengan skor 3-1.

Pertandingan keduanya pun dipastikan bakal berlangsung sengit dan menari di atas lapan­gan. City menjadi yang terdepan untuk menjuarai Liga Primer Inggris, namun sebelum itu mereka diwajibkan menang atas West Ham di matchday terakhir musim ini.

Bagi West Ham, ini adalah laga terakhir era David Moyes. Manajer asal Skotlandia itu, akan tercatat dalam sejarah The Hammers, memenangkan per­tandingan kandang sebagai pelatih.

City mungkin tampil tanpa kiper Ederson setelah ia ditarik keluar di pertandingan melawan Spurs menyusul tabrakan den­gan Cristian Romero. Kevin De Bruyne juga digantikan karena cedera.

Baca juga : Tamara Bleszynski, Rindu Almarhum Kakak Dan Anak

“Penjaga gawang asal Brasil ini mengalami cedera tersebut saat kami menang 2-0 atas Tottenham Hotspur pada Selasa malam,” demikian pernyataan di situs resmi Man City.

“Dia telah menjalani pemer­iksaan pada area yang terkena cedera dan menunjukkan adanya retak kecil pada rongga mata sebelah kanan. Cedera ini akan membuat Ederson tidak bisa bermain lagi di laga-laga sisa musim 2023/24,” demikian per­nyataan Manchester City.

Mereka sekarang akan men­gandalkan usaha dari penjaga gawang asal Jerman, Ortega, untuk menyelesaikan musim mereka. Ortega juga akan tampil dalam pertandingan derby di final FA Cup. Dia telah bermain di setiap putaran piala domestik selama dua musim terakhir dan diprediksi akan bermain di Wembley pada Sabtu 25 Mei 2024 bahkan jika Ederson fit.

Pelatih City, Joep Pep Guardiola meminta pemain ke-12 alias suporter The Citizens agar memadati Etihad Stadium saat laga ‘final’ Liga Inggris 2023/2024. Menurutnya, anak asuhnya membutuhkan dukungan yang lebih dari suporter City dalam laga tersebut.

Pasalnya, laga nanti diyakini akan memberikan tekanan besar kepada para pemainnya karena di saat yang bersamaan Arsenal juga akan bermain melawan Everton. “Saya suka mereka begitu gembira di ruang ganti, namun mereka tahu ini belum selesai,” ujar Pep Guardiola di laman resmi Manchester City.

Baca juga : Heboh Soal Sewa Private Jet, Dugem, Dan Ada Wanitanya...

“Suporter kami harus datang ke Etihad pada Minggu karena mereka tahu itu akan sulit un­tuk kami. Mereka harus datang bersama keluarga mereka dan memberikan energi, memenang­kan setiap inci dan meter dan layak memenangkan pertand­ingan itu,” jelas pelatih asal Spanyol itu.

Jika mampu menjadi juara, City akan membuat rekor hebat di Premier League. Rekor hebat itu adalah menjadi tim pertama dalam sejarah yang bisa meraih trofi Liga Inggris dalam empat musim beruntun.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 18 Mei 2024 dengan judul Man. City Vs West Ham United, Menanti Pesta Di Stadion Etihad

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.