Dark/Light Mode

Raih Gelar Liga Primer Empat Kali Berturut-turut

City Torehkan Sejarah Baru

Selasa, 21 Mei 2024 06:40 WIB
Selebrasi Manchester City meraih gelar Liga Primer.  (Foto: Istimewa)
Selebrasi Manchester City meraih gelar Liga Primer. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juara bertahan Manchester City mengunci gelar juara Liga Primer Inggris, setelah menang atas West Ham United 3-1 di laga terakhir Liga Primer di Etihad Stadion, malam kemarin. The Citizens membuat sejarah dengan berhasil meraih gelar Liga Primer empat kali berturut-turut.

Tim asuhan Pep Guardiola ini menutup musim 2023/2024 dengan berada di pucuk klase­men, dengan koleksi 91 poin. Mereka unggul dua poin atas pesaing terdekat sekaligus tim peringkat kedua, Arsenal, yang memiliki total 89 poin.

Phil Foden menjadi pahlawan kemenangan City dengan mem­borong dua gol atau brace, dan satu assist untuk gol Rodri. West Ham United sempat memperke­cil ketinggalan berkat gol salto Mohammed Kudus.

Baca juga : Verstappen Diibaratkan Usyk

Sementara, kekalahan ini tak banyak berpengaruh bagi West Ham United alias The Hammers atau Sang Palu, yang sudah tak memiliki kepentingan apa-apa. Pasukan David Moyes mengakhiri musim di peringkat sembilan dengan poin 52.

Pep Guardiola mengaku antu­sias menghadapi laga pamung­kas Liga Inggris 2023/2024. Pasalnya, duel kontra West Ham United ini merupakan laga krusial yang akan membuat sejarah. Belum pernah ada klub Liga Inggris yang bisa juara kompetisi dalam empat musim beruntun. Manchester United era Sir Alex Ferguson hanya bisa kampiun dalam 3 tahun bertalu-talu.

“Siapa pun di antara kita, (tidak) ada yang berpikir akan terjadi lagi kami bisa menjadi juara Liga Inggris 4 kali bertu­rut-turut. Kami harus menjalani dan menikmati setiap momen, melakukan yang harus kami lakukan selama 95, 96 atau 97 menit,” tutur Pep Guardiola dikutip laman klub.

Baca juga : Anak SYL Bisa Dijerat Pasal Korupsi Lho...

Berkat kesuksesan ini, City mengukir rekor dengan menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang sukses menjadi juara dalam empat musim beruntun di kasta tertinggi Liga Inggris, baik keti­ka masih bernama Divisi Utama maupun Liga Primer.

Di era Premier League yang digelar mulai 1992, Manchester United yang notabene tetangga Manchester City masih men­jadi tim paling sukses dengan raihan 13 gelar juara. MU pun sempat mendominasi sepak bola Inggris. Namun, paling ban­ter Setan Merah hanya sanggup mencatat juara dalam tiga musim beruntun sebanyak dua kali.

Gangguan ketat dari Liverpool di dua musim awal serta Arsenal di dua musim belakangan masih be­lum sanggup untuk menghentikan City mengukir sejarah luar biasa mereka. Tidak heran, Guardiola pun mengucapkan terima kasih kepada dua klub tersebut.

Baca juga : Soraya Rasyid, Selingkuhan Andrew Andika?

“Sebelumnya Liverpool men­dorong kami hingga batas kemam­puan kami, dan sekarang Arsenal. Saya ingin mengucapkan selamat kepada mereka atas musim yang luar biasa ini. Mereka mendorong kami melakukan yang terbaik,” lanjutnya.

Dengan demikian, empat tim berhak lolos ke Liga Champions musim depan yaitu Man. City, Arsenal, Liverpool dan Aston Villa. Sedangkan slot kom­petisi Liga Europa akan diisi Tottenham Hotspurs, Chelsea, Newcastle. Sedangkan, tiga tim telah dipastikan terdegradasi, bahkan sebelum laga terakhir musim ini dimainkan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 21 Mei 2024 dengan judul Raih Gelar Liga Primer Empat Kali Berturut-turut, City Torehkan Sejarah Baru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.