Dark/Light Mode

Rosan Ajak Kerja Sama Pemerintah, Swasta Dan BUMN Memajukan Olahraga Nasional

Senin, 27 Mei 2024 09:48 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Rosan Perkasa Roeslani/Ist
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Rosan Perkasa Roeslani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, kemajuan prestasi olahraga nasional memerlukan kerja bersama seluruh elemen bangsa. 

Selain pemerintah, keterlibatan pihak swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan para pemangku kepentingan lainnya sangat diperlukan.  

Baca juga : PDIP Bentuk Tim Pemenangan Pilkada Nasional

“Saya percaya kemajuan prestasi di bidang olahraga memerlukan dukungan dan kerja sama yang baik dari pemerintah, swasta, bahkan BUMN, serta pihak-pihak terkait lainnya,” kata Rosan di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Mantan Wakil Menteri BUMN itu  mengungkapkan, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) unggul dan adaptif pada kemajuan teknologi menjadi hal krusial untuk mencapai target prestasi yang dicanangkan. 

Baca juga : PLN EPI Dukung Pemerintah Dan KKKS Manfaatkan Gas Bumi Indonesia

Menurutnya, kemajuan teknologi digital harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para atlet dan organisasi cabang olahraga yang menaunginya, sehingga menuntut ilmu dapat dilakukan dari mana saja, secara virtual. 

“Para atlet harus diberikan fasilitas agar mereka mempunyai waktu yang fleksibel mendapatkan pendidikan layak. Kita juga harus memastikan pendidikan yang baik bagi para atlet agar prestasi di olahraga diikuti bersama torehan pendidikan formal yang baik,” jelasnya.

Baca juga : Indonesia Dan Korsel Perkuat Kerja Sama Sektor Industri, Perdagangan, Dan Energi

Disebutkan Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) itu, pihak-pihak terkait dalam pembinaan olahraga wajib membekali para atlet diberikan pendidikan untuk meningkatkan literasi keuangan agar dapat mengelola dan memanfaatkan sebaik-baiknya penghasilan selama berkarier sebagai atlet dan menjamin masa depannya.

"Untuk melahirkan atlet berprestasi dibutuhkan perubahan yang luar biasa. Tidak hanya oleh atlet itu sendiri, tapi banyak pihak dan pemerintah harus memberikan solusi bagaimana prestasi dengan sangat baik di level dunia, bersamaan pendidikannya itu juga tidak terputus,” jelas Rosan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.