Dark/Light Mode

Badminton Singapore Open 2024

Jorji Melangkah Mulus, Leo Dan Daniel Tersingkir

Rabu, 29 Mei 2024 06:30 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melangkah mulus ke 16 besar Singapore Open 2024. Jorji-- sapaan katib Gregoria-- lolos usai menang atas wakil Amerika Serikat (AS) Beiwen Zhang dua gim langsung 21-18, 21-12.

Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Kallang, kema­rin Gregoria tampil cukup nya­man sejak awal pertandingan. Dia bilang, strategi yang dia terapkan mampu menyulitkan lawan dan berbuah manis.

“Meski di gim pertama poin­nya tipis, tapi saya cukup tenang untuk mengeluarkan variasi-variasi pola dan pukulan,” kata Gregoria usai pertandingan.

Selanjutnya, di gim ke-2, la­wan melakukan cukup banyak kesalahan sendiri. Ditambah dengan waktu istirahat yang lebih panjang karena tidak mengi­kuti Malaysia Masters pekan lalu, Gregoria makin di atas angin.

Baca juga : SYL Didakwa Lakukan TPPU Rp 104,5 Miliar

“Absen di Malaysia saya gu­nakan untuk 𝘳𝘦𝘤𝘰𝘷𝘦𝘳𝘺 fisik dan pikiran. Semoga itu membantu menampilkan yang terbaik,” jelasnya.

Sebelumnya, Jorji dijadwal­kan berhadapan dengan wakil Taiwan Wen Chi Hsu di babak pertama. Namun, wakil Taiwan lain yang jadi unggulan ke-4 Tai Tzu Ying memutuskan mundur.

Regulasi terbaru Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), pemain dengan status unggulan yang mundur, otomatis digantikan pe­main peringkat tertinggi setelah status unggulan satu sampai delapan. Gregoria yang berada di peringkat sembilan otomatis naik ke unggulan dan berhak pindah ke posisi unggulan dalam undian.

Gregoria yang tadinya berada di posisi tiga menjadi posisi 13, menggantikan unggulan tu­juh asal China, Wang Zhi Yi. Sementara Wang mengisi posisi yang ditinggalkan Tai Tzu Ying, yakni sembilan.

Baca juga : Mantap Ceraikan Andrew

“Perubahan undian mengun­tungkan dan saya ingin meman­faatkannya. Nanti lawan Pai Yu Po, saya harus ektra waspada,” ujar juara Japan Masters 2023 itu.

Dari nomor ganda putra, pa­sangan Leo Carnando/Daniel Marthin langsung tersingkir. Leo/Daniel kalah dalam pertand­ingan rubber game dengan skor 21-8, 20-22, 14-21.

Usai pertandingan, Leo men­gaku di gim pertama mereka bermain cukup nyaman, se­hingga bisa unggul jauh. Lalu masalah terjadi di gim ke-2 dan gim penentuan. Leo mengaku, mereka kalah dalam servis dan saat menerima servis.

“Kami kurang tenang dan akh­irnya banyak melakukan kesala­han sendiri. Mereka malah bisa bermain lebih tenang,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Luncurkan Jalan Tol Digital Layanan Publik

Lebih lanjut, Daniel men­gatakan, gim terakhir menjadi sangat krusial, karena mereka kurang dapat mengantisipasi se­rangan dari Kang/Seo. Terlebih saat mereka bertukar sisi lapan­gan. Lawan terus mendahului permainan depan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 29 Mei 2024 dengan judul Badminton Singapore Open 2024, Jorji Melangkah Mulus, Leo Dan Daniel Tersingkir

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.