Dark/Light Mode

Kehadiran Starlink Di Sini Masih Jadi Perdebatan Anggota DPR

Dave Laksono: Banyak Manfaatnya, Gunakan Dengan Baik

Selasa, 28 Mei 2024 07:40 WIB
Dave Laksono, Anggota Komisi I DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Dave Laksono, Anggota Komisi I DPR. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran internet Starlink milik Elon Musk di Indonesia, masih menjadi obrolan. Menjadi perdebatan Anggota DPR.

Starlink diprediksi bisa membantu akses internet secara merata di seluruh wilayah. Namun, bagaimana keamanan data negara setelah Starlink masuk ke Indonesia?

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono menyambut baik hadirnya layanan internet Starlink. Dia yakin secara infrastruktur, Indonesia sudah bisa beradaptasi untuk keamanan lalu lintas siber.

Baca juga : Indonesia Berupaya Pangkas Kesenjangan Ekonomi Digital

“Meski masih perlu penguatan yang signifikan agar keamanan siber negara bisa terus tetap terjaga,” ujar Dave kepada Rakyat Merdeka.

Dia menjelaskan, Pemerintah memiliki target untuk menghilangkan kesenjangan digital antara masyarakat di perkotaan dan pedesaan. Selain itu, kata Dave, Pemerintah juga mendukung pertumbuhan ekonomi dengan membuka peluang baru untuk bisnis dan pendidikan di daerah terpencil.

“Pemerintah juga menargetkan untuk meningkatkan daya saing global, dengan menyediakan infrastruktur internet yang modern dan andal,” ujarnya.

Baca juga : Tunggu Pelantikan Presiden

Dave juga mengingatkan agar layanan internet Starlink dapat menjangkau seluruh wilayah. Sehingga, seluruh masyarakat Indonesia bisa merasakan teknologi dari Starlink.

“Perlu diupayakan agar manfaat tersebut dapat dinikmati secara merata dan adil,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, TB Hasanuddin mempertanyakan keamanan layanan internet milik Elon Musk ini. Menurut dia, Pemerintah harus memastikan keamanan data negara dengan masuknya Starlink. “Jangan sampai ini menjadi bumerang,” ucap TB Hasanuddin.

Baca juga : PAN Tak Gentar Hadapi Ahok

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Dave Laksono.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.