Dark/Light Mode

Dirangkul Menko Polhukam

Jaksa Agung-Kapolri Gandengan Di Istana

Selasa, 28 Mei 2024 08:00 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin berjabat tangan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Istana Negara, Jakarta, Senin 27/5/2024. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Jaksa Agung ST Burhanuddin berjabat tangan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Istana Negara, Jakarta, Senin 27/5/2024. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tampil mesra di Istana, Jakarta. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto sempat merangkul keduanya sebelum meninggalkan Istana. Pemandangan ini seolah menegaskan bahwa hubungan dua pimpinan lembaga penegak hukum tersebut, memang selalu harmonis.

Pertemuan Jaksa Agung dan Kapolri itu, terjadi saat keduanya menghadiri acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia, di Istana Negara, Senin pagi (27/5/2024).

Jaksa Agung yang mengenakan batik lengan panjang bercorak merah hitam, tiba di lokasi lebih dulu sekitar pukul 9.10 pagi. Sebelum duduk, Burhanuddin menyapa para menteri yang sudah hadir lebih dulu.

Sepuluh menit berselang, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri datang. Agus menyapa Burhanuddin, bersalaman lalu cipika-cipiki.

Setelah itu, Kapolri menghampiri Burhanuddin. Keduanya juga bersalaman, saling sapa, dan berangkulan. Bahkan keduanya berpose salam komando.

Baca juga : Indonesia Berupaya Pangkas Kesenjangan Ekonomi Digital

Momen tersebut tentu saja menarik perhatian para wartawan. Menyadari dikerumuni wartawan, Sigit yang mengenakan seragam lengkap, langsung berseloroh.

“Ada apa ini kok pada heboh,” kata Sigit sambil tersenyum, disambut tawa wartawan.

“Enggak ada masalah apa-apa kok,” kata Burhanuddin, menimpali.

Setelah itu, keduanya duduk. Jaksa Agung dan Kapolri duduk bersebelahan, hanya terhalang Panglima TNI.

Usai acara, keduanya keluar bareng lewat pintu belakang. Wartawan mencoba mengklarifikasi terkait beberapa isu yang terjadi pada 2 lembaga tersebut. Namun, keduanya memilih berfoto bersama, bergandengan, sambil tersenyum.

Baca juga : Tunggu Pelantikan Presiden

Sesaat kemudian, Hadi Tjahjanto menghampiri keduanya lalu menggandeng keduanya menuruni anak tangga. “Inget, ya, sudah gandengan loh,” kata Hadi.

Keduanya tak memberikan keterangan. Ditanya lebih lanjut, Jaksa Agung dan Kapolri meninggalkan wartawan dengan menumpang mobil golf.

Sore hari, Presiden Jokowi mengaku telah menanyakan perihal isu penguntitan terhadap Jampidsus itu, kepada Jaksa Agung dan Kapolri. “Sudah saya panggil tadi,” kata Jokowi.

Jokowi tidak berkomentar lebih jauh mengenai isu itu. Ia meminta para wartawan menanyakan langsung kepada Kapolri yang berdiri di sampingnya. Ditunjuk begitu, Kapolri hanya tersenyum.

Setelah Jokowi pergi, awak media menanyakan persoalan isu penguntitan kepada Kapolri. Namun, jenderal polisi bintang empat ini menjawab diplomatis.

Baca juga : PAN Tak Gentar Hadapi Ahok

“Kan (sudah dibilang) dengan Pak Jaksa Agung sama-sama nggak ada masalah,” katanya.

Eks Kabareskrim ini kembali menegaskan bahwa tidak ada masalah apa pun di antara kedua institusi penegak hukum tersebut.

“Memang nggak ada masalah apa-apa,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul Dirangkul Menko Polhukam, Jaksa Agung-Kapolri Gandengan Di Istana

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.