Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Timnas Belanda: Ian Maatsen Dicoret, Frenkie de Jong Aman

Kamis, 30 Mei 2024 05:47 WIB
Para pemain timnas Belanda. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Belanda. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman mengumukan pemain yang akan dibawa ke Jerman untuk Piala Eropa 2024. Ada kejutan dengan dicoretnya Ian Maatsen.

Timnas Belanda berada dalam grup neraka. Tantangan berat di depan mata agar bisa melaju ke babak 16 besar Euro 2024 karena tergabung bersama dengan Polandia, Austria dan Prancis.

Tim Oranje mengawali petualangannya dengan laga melawan Polandia di Volksparkstadion pada 16 Juni.

Di lini depan, Koeman masih mempercayakan kepada pemain senior Memphis Depay (Atletico Madrid), dan Cody Gakpo (Liverpool). Sementara di lini tengah nama Frenkie de Jong, belum tergantikan.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Der Panzer Masih Andalkan Si Muller

Namun di belakang bek kiri Borussia Dortmund, Ian Maatsen tak mendapat tempat.

Pencoretan Maatsen tentunya menjadi sebuah kejutan besar. Pasalnya, Maatsen mampu menunjukkan performa konsisten semenjak dipinjam Dortmund dari Chelsea pada januari 2024 lalu.

Maatsen pun sempat masuk ke dalam skuat bayangan Belanda yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Pelatih Oranje, Ronald Koeman, mencoba menjelaskan alasannya mencoret Maatsen. Koeman mengaku sudah memiliki cukup banyak pemain di posisi bek kiri dan ingin menambah seorang penyerang.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Spalletti Mulai Seleksi Pemain Italia

“Alasan utamanya adalah, ada beberapa pemain dengan posisi serupa seperti Maatsen. Kami memiliki Daley Blind, Nathan Ake serta Micky van de Ven. Pencoretan Maatsen juga memberi kami kesempatan untuk membawa satu penyerang lebih banyak,” ujar Koeman seperti dikutip dari laman Voetbal International.

“Blind tetap dibawa karena dia memiliki banyak sekali pengalaman dan merupakan salah satu sosok pemimpin di dalam ruang ganti. Saya merasa ini merupakan kesempatan sempurna bagi Blind untuk mengakhiri siklusnya di tim nasional,” imbuhnya.

Susunan pemain timnas Belanda

Kiper: Bart Verbruggen (Brighton), Mark Flekken (Brentford), Justin Bijlow (Feyenoord);

Baca juga : Timnas Tembus Semifinal, Erick: Ini Generasi Emas Sepakbola Indonesia

Belakang: Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Virgil van Dijk (Liverpool), Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Girona), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Denzel Dumfries (Inter Milan), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur), Stefan de Vrij (Inter Milan);

Tengah: Jerdy Schouten (PSV), Xavi Simons (RB Leipzig), Georginio Wijnaldum (Al-Ettifaq), Tijjani Reijnders (AC Milan), Joey Veerman (PSV), Teun Koopmeiners (Atalanta), Ryan Gravenberch (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona);

Depan: Wout Weghorst (Hoffenheim), Memphis Depay (Atletico Madrid), Cody Gakpo (Liverpool), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Steven Bergwijn (Ajax), Brian Brobbey (Ajax).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.