Dark/Light Mode

Pemilu 2024

Gerindra Jateng Pantau Dugaan Kecurangan Di TPS

Rabu, 14 Februari 2024 13:43 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah yang juga merupakan Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Tengah, Sudaryono. Foto: Istimewa
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah yang juga merupakan Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Tengah, Sudaryono. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) yang juga merupakan Sekretaris Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Jateng, Sudaryono menurunkan skuadnya ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Jateng.

Catatannya, ditemukan sejumlah dugaan kecurangan Pemilu. Sudaryono merincikan, salah satu dugaan kecurangan terjadi di TPS 13 Balai Muslimin Gumingsir Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

Di sana, diduga terdapat surat suara yang sudah tercoblos Paslon Capres-Cawapres tertentu. Selanjutnya, di TPS 08 Karang Kemiri Wanadadi Kabupaten Banjarnegara juga ditemukan hal yang sama, selain itu TPS 13 Jangkungharjo Brati Kabupaten Grobogan juga surat suara Pilpres sudah tercoblos Paslon nomor urut tertentu.

Baca juga : Pemilu 2024, Pengalaman Sandy Walsh Pertama Kali Nyoblos Di Belgia

"Bahwa di Jawa Tengah telah ditemukan dugaan kecurangan di TPS-TPS tertentu dengan surat suara sudah tercoblos untuk pasangan capres tertentu, nah ini jadi perhatian kita semua," ungkap Sudaryono, Rabu (14/2/2024).

Atas temuan tersebut, Sudaryono menegaskan pihaknya terus waspada dan mengantisipasi munculnya dugaan temuan-temuan baru di wilayah lain.

Pasalnya, peristiwa ini mencoreng pagelaran pesta demokrasi di Indonesia dan mempertanyakan netralitas penyelenggara Pemilu di wilayah tersebut.

Baca juga : Panwaslu Tokyo Gelar Pengecekan Berlapis, Minimalisir Kecurangan Di Pemilu 2024

"Jadi saya tegaskan bahwa kita telah menemukan beberapa TPS yang jelas tercoblos paslon capres tertentu yang tidak bisa kita sebut nomor berapa tapi kita punya data dan buktinya, kami tetap waspada bahwa akan ada TPS-TPS lain yang terkondisikan dimana surat suaranya itu sudah tercoblos paslon tertentu," tegasnya.

Atas dasar temuan-temuan dugaan kecurangan tersebut, lanjut Sudaryono, pihaknya telah melaporkan masalah itu ke pihak Bawaslu dengan melampirkan berita acara saksi sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Ini sudah dilaporkan ke Bawaslu, sudah kita laporkan berita acara saksi baik temuan-temuan kita dan ini jadi perhatian kita semua," tegasnya.

Baca juga : Kementan Gandeng Gempita Genjot Penanaman Jagung Di Subang

Dia menuturkan, pihaknya akan terus mengawal jalannya pemilu di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Tengah melalui saksi-saksi yang ada di setiap TPS. Sehingga pesta demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan jujur dan adil.

"Kita prihatin bahwa di TPS-TPS tertentu dugaannya sudah tekondisikan tercoblos oleh pasangan paslon tertentu, dalam hal ini khusus di Jateng. Ini yang terus kita waspadai dan kita kawal hingga tuntas. Sehingga pesta demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan jujur dan adil," pungkas Sudaryono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.