Dark/Light Mode

Calvin Verdonk Sah Jadi WNI, Ini PR Satu Lagi Yang Harus Segera Dibereskan PSSI

Rabu, 5 Juni 2024 13:42 WIB
Pemain naturalisasi berdarah Indonesia-Belanda Calvin Verdonk yang siap memperkuat Timnas Indonesia. Foto: PSSI
Pemain naturalisasi berdarah Indonesia-Belanda Calvin Verdonk yang siap memperkuat Timnas Indonesia. Foto: PSSI

RM.id  Rakyat Merdeka - Calvin Verdonk kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menyelesaikan proses naturalisasi pada Rabu, 5 Juni. Kabar gembira ini melahirkan harapan baru bagi sepak bola nasional.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran proses naturalisasi Calvin Verdonk.

"Alhamdulillah, Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah. Ini kerja keras dan kerja bersama semua pihak yang cinta sepak bola Indonesia dan ingin sepak bola kita maju," kata Erick dilansir dari laman PSSI, Rabu (5/6).

Baca juga : Calvin Verdonk Jadi WNI, Erick Thohir: Kita Ingin Sepakbola Indonesia Maju

Erick tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, Ketua DPR, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR, Menpora, dan Menkumham yang senantiasa memberikan dukungan bagi perkembangan sepak bola Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Namun, meski proses pengambilan sumpah sudah rampung, masih ada satu langkah lagi yang harus dilalui Calvin. Yakni persetujuan dari FIFA menjadi prasyarat utama agar Calvin dapat tampil dan membela Timnas Indonesia di ajang internasional.

Banyak pihak menaruh harapan kepada pemain yang punya darah Indonesia-Belanda ini untuk dapat memberikan dampak signifikan dalam peningkatan performa tim.

Baca juga : Said Iqbal: Merugikan Buruh Jika Dipaksakan

"Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia," tegas Erick.

Bagaimana pun, keputusan resmi dari FIFA masih ditunggu-tunggu agar Calvin Verdonk dapat tampil maksimal bersama Timnas Indonesia.

Dengan naturalisasi ini, Indonesia tidak hanya menambah kekuatan timnas, namun juga menegaskan komitmen untuk terus maju di kancah sepak bola internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.