Dark/Light Mode

Akhirnya, Pemain Asal Jawa Ini Dipanggil Masuk Skuad Timnas Belanda

Kamis, 13 Juni 2024 09:43 WIB
Ian Maatsen. (Foto : ist)
Ian Maatsen. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman memastikan memanggil pemain Belanda keturunan Jawa, Ian Maatsen masuk skuad Timnas Belanda ke Piala Eropa 2024.

Maatsen sejatinya sudah tereliminasi dari skuad provisional De Oranje. Gelandang Chelsea yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund itu akhirnya memilih berlibur ke Mykonos, Yunani.

Tapi, liburan Maatsen berlangsung singkat. Maatsen mendapat telepon dari pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, untuk tampil di Euro 2024.

Baca juga : Libas Filipina, Dewan Pembina KONI DKI Pras Bangga Pada Timnas Garuda

Dikabarkan, Maatsen yang tengah bersantai di kapal pesiar harus mengepak barangnya dan berangkat ke Wolfsburg, kota tempat markas Belanda selama di Piala Eropa 2024.

Sang ayah, Edward bercerita, Maatsen tidak membawa perlengkapan tempur, sehingga harus meminta dirinya mengantarkan ke Wolfsburg.

“Ian awalnya ingin datang dulu ke Belanda, tapi menurut kami itu bukan ide bagus,” tutur Edward seperti dikutip ESPN.

Baca juga : Selangkah Lagi, 2 Bintang Belanda Ini Bisa Bela Timnas Indonesia

Dipanggilnya Maatsen ini tak lepas dari cederanya dua pemain tengah Belanda, Frenkie De Jong dan Teun Koopmeiners yang harus absen di Euro 2024.

Ian Maatsen belum punya caps di tim senior Belanda setelah membela negaranya di berbagai level usia. Belanda akan bertemu Polandia di Hamburg, Minggu (16/6/2024) malam WIB pada laga perdana Grup C Euro 2024.

Meskipun lahir di Belanda, Maatsen memiliki keturunan Jawa dari Suriname, sebuah negara di Amerika Selatan.  Leluhurnya berasal dari orang-orang Jawa yang dibawa ke Suriname sebagai buruh kontrak oleh orang-orang Belanda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.