Dark/Light Mode

Portugal Vs Republik Ceko, Panggung Terakhir CR-7

Selasa, 18 Juni 2024 06:40 WIB
Cristiano Ronaldo. (Foto: Gualter Fatia/GettyImages)
Cristiano Ronaldo. (Foto: Gualter Fatia/GettyImages)

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga perdana Grup F Euro 2024 akan menampilkan duel Portugal melawan Republik Ceko. Pertarungan yang digelar di Red Bull Arena, Leipzig Stadium, akan menjadi panggung terakhir Cristiano Ronaldo alias CR-7 bersama Selecao das Quinas.

Pelatih Timnas Portugal Roberto Martinez masih san­gat mengandalkan Ronaldo dalam laga ini. Sang kapten akan memainkan Euro-nya yang keenam, lebih banyak diband­ingkan pemain-pemain lain. Dia juga memegang rekor untuk gol terbanyak (14) dan penampilan terbanyak (25) di turnamen ini.

Portugal yang tampil apik sepanjang babak kualifikasi bertekad melanjutkan tren posi­tif mereka di putaran final Euro. Perjalanan Portugal akan dimu­lai menghadapi Ceko, yang ber­status kuda hitam.

Namun, Patrik Schick dan kawan-kawan wajib diwaspa­dai oleh kontestan lain, kare­na kerap membuat kejutan di Euro. Pasalnya, pada edisi terakhir, Ceko berhasil me­laju hingga perempat final.

Baca juga : Tank Tantang The Matrix

Portugal akan memulai perjalanan mereka di Euro 2024 bersama den­gan Ronaldo. Pemain 39 tahun tersebut merupakan peme­gang caps terbanyak di Piala Eropa den­gan torehan 25 penampilan di putaran final dan mencetak 14 gol.

Bersama dengan Luka Modric, Ronaldo merupakan pemain yang tampil di 5 edisi Piala Eropa. Keduanya diper­kirakan bakal menjalani Euro terakhir di tahun 2024, sehingga bertekad bisa meraih ha­sil terbaik.

Bersama Timnas Portugal, Ronaldo sempat menjadi juara Euro pada 2016. Selecao das Quinas mampu me­laju jauh di setiap Piala Eropa, termasuk lolos ke final 2004 di kandang sendiri, meski akhirnya kalah dari Yunani.

Ronaldo yang sudah mencetak 14 gol pun berpotensi menam­bah koleksi golnya di Piala Eropa 2024. Saat ini, dia merupakan top skor sepanjang masa Euro dan masih bisa terus menambah koleksi golnya.

Baca juga : Warga Gaza Shalat Id Di Tengah Puing-puing

Menghadapi Ceko, Portugal lebih diunggulkan bisa meme­tik kemenangan, meski tidak mudah. Komposisi pemain yang lebih bagus membuat tim itu di­perkirakan mampu meraih poin penuh di laga pembuka.

Pelatih Republik Ceko Ivan Hasek mengatakan, peluang Portugal menang lebih besar. Kendati begitu, timnya akan berupaya tampil bagus dan membuat kejutan di Euro 2024.

“Portugal jelas difavoritkan memenangkan Euro, se­mentara kami tim yang t idak diung­gulkan. Tapi, kami harus lo­los grup. Setiap pertandin­gan adalah 50-50. Kami tidak boleh terlalu takut. Kami harus melakukannya menjadi aktif, melibatkan diri dalam permainan, tidak hanya duduk diam dan bertahan,” kata Ivan Hasek.

Portugal diperki­rakan bermain dengan formasi 4-3-3 mengan­dalkan Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo dan Rafael Leão, di lini depan. Sementara, Ceko akan mengandalkan Patrik Schick, yang musim ini tampil bagus bersama Bayer Leverkusen. n JON

Baca juga : Harapannya, Makin Cepat Ditangkap Makin Baik

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 18 Juni 2024 dengan judul Portugal Vs Republik Ceko, Panggung Terakhir CR-7

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.