Dark/Light Mode

Perayaan Idul Adha Masih Dibayangi Jatuhnya Bom Israel

Warga Gaza Shalat Id Di Tengah Puing-puing

Selasa, 18 Juni 2024 06:20 WIB
Warga Palestina melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Masjid Omari yang bersejarah di Kota Gaza, yang luluh lantak akibat pemboman Israel.
Warga Palestina melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Masjid Omari yang bersejarah di Kota Gaza, yang luluh lantak akibat pemboman Israel.

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat umat Muslim di banyak negara merayakan Hari Raya Idul Adha penuh suka cita, warga Palestina di Jalur Gaza justru shalat di antara puing-puing bangunan yang hancur dan dibayang-bayangi jatuhnya bom Israel.

Dilansir Aljazeera, di Khan Younis, Gaza selatan, puluhan orang berkumpul pada Minggu pagi di dekat masjid yang hancur. Mereka melaksanakan shalat Id di tengah puing-puing bangunan dan rumah yang runtuh.

Seorang pengungsi Pales­tina, Abdullahi Abu Samra me­ngatakan, rakyat Gaza hidup dalam keadaan yang sulit.

Baca juga : Harapannya, Makin Cepat Ditangkap Makin Baik

“Hari ini, setelah bulan kesem­bilan, lebih dari 37.000 orang mati syahid, lebih dari 87.000 orang terluka dan ratusan ribu rumah hancur,” kata Abdullahi Abu Samra kepada Associated Press setelah shalat di Khan Younis.

Di Kota Deir el-Balah, Gaza tengah, umat Islam mengadakan shalat di sebuah sekolah yang diubah menjadi tempat penam­pungan. Beberapa, termasuk perempuan dan anak-anak, pergi ke kuburan untuk mengunjungi makam orang-orang terkasih.

“Warga Palestina berusaha melakukan yang terbaik, meski agresi Israel terus berlanjut, untuk memberikan kebaha­giaan kepada anak-anak. Karena banyak dari mereka yang bangun hari ini dan merayakan Idul Adha tanpa orang tua mereka,” ujar Tareq Abu Azzoum.

Baca juga : Juliette Angela, Dituduh Selingkuhan Anji

Pada Sabtu (15/6/2024), Kan­tor Media Pemerintah di Gaza, Wafa melaporkan, Israel mela­rang masuknya hewan kurban ke wilayah Gaza. Hal ini mem­buat warga Palestina tidak bisa melakukan ritual kurban sebagai bagian dari perayaan Idul Adha.

Sementara, Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki Israel, sebanyak 40.000 Muslim melaksanakan shalat Idul Adha. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah jemaah yang diperkirakan mencapai 100.000 orang.

Pada Minggu (16/6/2024), pasu­kan Israel juga menyerang jemaah yang memasuki masjid Al-Aqsa dan menghalangi orang lain untuk mencapai tempat suci tersebut.

Baca juga : Belum Bersikap Soal Konsesi Tambang, Bos Muhammadiyah Bicaranya Normatif

Di Ramallah di Tepi Barat, warga Palestina berkumpul untuk melaksanakan shalat Id. Seorang imam masjid bernama Mahmoud Mohana prihatin dengan kondisi warga Palestina di Gaza.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.