Dark/Light Mode

Swiss Vs Jerman, Der Panzer Kudu Waspada

Minggu, 23 Juni 2024 06:43 WIB
Para pemain Jerman di pentas Piala Eropa 2024. (Foto : Skysport)
Para pemain Jerman di pentas Piala Eropa 2024. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Swiss akan menghadapi tuan rumah Jerman pada matchday ketiga babak kualifikasi Euro 2024 di Frankfurt Arena, dini hari nanti. Der Panzerjulukan Timnas Jerman, harus waspadai Swiss.

Pada laga nanti, Timnas Swiss harus menang agar lolos ke fase knock-out. Sebetulnya, Timnas Swiss bisa lolos lebih cepat andai menang dari Skotlandia pada matchday kedua, tengah pekan lalu. Tapi, hasil pertandingan itu tidak sesuai dengan harapan.

Pasukan Murat Yakin hanya memetik hasil imbang 1-1, sehingga masih harus bersaing dengan Skotlandia agar lolos ke babak 16 besar.

Baca juga : Belanda Vs Prancis, Duel Rebutan Juara Grup D

Namun, beban Swiss tidak akan seberat Skotlandia. Sebab, Timnas Swiss hanya perlu meraih meraih hasil imbang atas Jerman, sedangkan Skotlandia wajib menang dengan skor besar saat bersua Hungaria.

Kondisi ini terjadi lantaran Swiss sudah mengoleksi empat angka dan duduk di peringkat kedua, Skotlandia baru meraih satu angka dan harus menempati peringkat ketiga klasemen.

Kendati demikian, laga antara Swiss dan Jerman diprediksi akan tetap menarik. Bicara sejarah, Timnas Swiss yang memiliki julukan A-Team Nati punya catatan yang layak dalam partisipasi di Piala Eropa. Swiss baru ikut Euro pertama kali pada edisi 1996.

Baca juga : Der Panzer Sesumbar Akhiri Puasa Gelar

Memasuki tahun 2000-an, Swiss mulai rutin masuk ke putaran final Euro. Ini terjadi pada Euro edisi 2004, 2008, 2016, dan 2020. Dengan demikian, jumlah partisipasi mereka di Euro adalah 5 kali.

Sementara, Timnas Jerman yang berjuluk Der Panzer sama sekali tidak bisa diremehkan. Tim yang kali ini datang dengan Pelatih Julian Nagelsmann bakal menggunakan formasi ideal untuk menghambat laju Swiss.

Jerman membuat debut di Euro pada 1972, bertepatan saat mereka memperoleh gelar juara pertama. Jika ditotal, Die Mannschaft telah berpartisipasi di turnamen ini sebanyak 13 kali, dengan 5 diantaranya berstatus sebagai Jerman Barat.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Der Panzer Masih Andalkan Si Muller

Jumlah partisipasi itu menjadi rekor terbanyak di antara tim lain. Bicara peringkat FIFA edisi terbaru, Swiss menempati urutan 19. Mereka akan melakukan pembuktian terhadap Jerman yang berada di ranking 16.

Sementara, peringkat FIFA tidak bisa jadi tolok ukur utama untuk mengukur kekuatan tim yang akan bertanding.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.