Dark/Light Mode

Belanda Vs Prancis, Duel Rebutan Juara Grup D

Jumat, 21 Juni 2024 06:40 WIB
Gelan­dang Prancis Adrien Rabiot. (Foto: Istimewa)
Gelan­dang Prancis Adrien Rabiot. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belanda versus Prancis akan menjadi pertarungan big match di laga kedua Grup D Euro 2024 di Red Bull Arena, dini hari nanti. Duel ini bakal panas karena memperebutkan posisi juara grup D.

Tapi sayang, bintang Prancis Kylian Mbappe kemungki­nan besar absen membela Les Bleus karena cedera patah tu­lang hidung. Kondisi kurang baik itu didapat Mbappe saat tampil melawan Austria. Ketidakhadirannya diyakini bakal berpengaruh buruk pada lini depan Timnas Prancis.

Namun, Tim Ayam Jantan tetap percaya diri dengan skuad yang ada. Hal itu disampaikan gelan­dang Adrien Rabiot saat jumpa pers, seperti dikutip dari Sky Sport, Kamis (20/6/2024).

“Dia rekan setim yang amat penting dan dia juga kapten kami. Situasi ini akan berdampak pada kami. Namun, itu juga akan ber­dampak pada lawan. Persiapan mereka menghadapi kami juga akan berubah,” kata Rabiot.

Baca juga : Alwi Ke Delapan Besar, Vito Dan Marcellyno Keok

“Saya takkan berbohong, kami jelas ingin dia bermain. Namun melihat bangku cadangan, kami punya stok yang bagus untuk menggantikan Kylian. Jika dia absen, maka situasinya akan men­jadi lebih sulit meski saya percaya dengan semua pemain hebat yang kami miliki dalam tim,” jelasnya.

Prancis kemungkinan akan menurunkan Olivier Giroud atau Randal Kolo Muani sebagai peny­erang tengah jika Mbappe absen. Namun, Mbappe sudah terlihat berlatih di depan publik pada Rabu (19/6/2024). Hidungnya tampak ditutup dengan perban.

Lewat akun Instagramnya, Mbappe bahkan menyampaikan akan bertekad tetap tampil meski sedang tidak dalam kondisi ter­baik. “Tanpa pengorbanan, tak akan ada kemenangan,” tulisnya di media sosial.

Duel nanti diprediksi panas karena kedua tim akan memperebutkan posisi juara grup, setelah sama-sama meraih kemenangan di laga pertama. Prancis menang atas Austria 1-0, sedangkan Belanda menang atas Polandia 2-1.

Baca juga : Bunga Citra Lestari, Cuek Suami Dipolisikan

Laga ini akan jadi tolok ukur untuk Les Bleus. Pasalnya, Prancis tercatat dua kali mencapai final Piala Dunia dalam dua edisi terakhir. Namun, saat bermain di Euro, generasi emas sepuhan Kylian Mbappe tidak maksimal. Mereka jadi runner-up Euro 2016, lalu kandas di 16 besar Euro 2020 (2021).

Sedangkan, Belanda tampil apik di laga pembuka Euro 2024 saat menghadapi Polandia. Dalam laga yang berakhir den­gan skor 2-1 tersebut, Die Oranje tampil dominan dengan pengua­saan bola hingga 65 persen.

Selain itu, Belanda menciptakan 20 peluang. Akan tetapi, pe­nyelesaian akhir masih menjadi masalah utama Memphis Depay dan kawan-kawan dengan hanya 4 tembakan on target dan ex­pected goals (XG) hanya 1,50.

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakanm tim seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol melawan Polandia. Namun, finishing masih menjadi masalah Die Oranje. Hal itu harus segera diperbaiki melawan Prancis, mengingat Les Bleus punya lini depan yang tajam.

Baca juga : Judol + Pinjol Duet Mematikan

Koeman menyebut, andai Belanda bisa tampil lebih klinis, peluang mereka mengalahkan Prancis cukup besar. Jika 3 angka bisa direbut di Red Bull Arena, Oranje akan lolos 16 besar. Itu juga akan jadi pembuk­tian kualitas Belanda yang men­galami penurunan prestasi di EURO dalam 20 tahun terakhir.

“Seharusnya kami menang 4-1. Kami bermain sangat baik, tetapi tidak mampu mencetak gol. Jika kami memanfaatkan peluang dengan baik, kami bisa berada dalam level yang sama dengan Jerman. Meski performa kami belum maksimal, tetapi hasil akh­irnya meningkatkan kepercayaan diri kami,” kata Ronald Koeman dikutip UEFA.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 21 Juni 2024 dengan judul Belanda Vs Prancis, Duel Rebutan Juara Grup D

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.