Dark/Light Mode

Joss, Argentina Tembus Babak Perempat Final Copa America 2024

Rabu, 26 Juni 2024 11:58 WIB
Para pemain Timnas Argentina. (Foto : ist)
Para pemain Timnas Argentina. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Argentina melaju ke babak perempat final Copa America 2024, setelah mengalahkan Timnas Chile dengan skor 1-0.

Duel Timnas Chile vs Timnas Argentina di pertemuan ketiga Grup A Copa America 2024 berlangsung di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, Rabu (26/6/2024) pagi WIB.

Gol semata wayang Argentina dicetak oleh Lautaro Martinez di menit ke-88.

Kemenangan tipis ini cukup untuk memastikan tiket perempat final buat Argentina. Mereka memimpin Grup A dengan enam poin, tiga poin di depan Kanada, disusul Peru dan Chili yang baru dapat satu poin.

Baca juga : Tekad Ronaldo Di Laga Terakhir Piala Eropa 2024

Berdasarkan statistik pertandingan Argentina sepenuhnya menguasai bola dengan 62 persen dengan 22 tembakan ke arah pertahanan lawan, 9 tepat sasaran, 552 passing tercatat 87 persen akurat. 

Adapun Chile hanya mengemas penguasaan bola di angka 38 persen dengan 3 kali tembakan ke arah pertahanan lawan dan 3 tepat sasaran ke gawang, 354 passing tercatat 77 persen akurat.

Pertandingan itu juga diwarnai 9 pelanggaran dari pihak Argentina dan 12 kali pelanggaran dari Chile dengan 2 kartu kuning. 

Hingga 10 menit jelang akhir pertandingan, serangan Argentina tak membuahkan hasil. Beberapa kali peluang yang dimiliki Lionel Messi dan kawan-kawan tak mampu dikonversi menjadi gol.

Baca juga : Mbappe Ngarep Prancis Ketemu Jerman Di Final Piala Eropa 2024

Dalam duel ini, Argentina tampil dengan Starting XI yang berbeda dibanding laga melawan Kanada. Angel Di Maria dan Leandro Paredes dicadangkan. Namun, Lionel Messi tetap jadi tumpuan.

Argentina tampil dominan. Penguasaan bola Argentina mencapai 62 persen pada babak pertama. Banyak peluang tercipta. Pada menit ke-21, sepakan Julian Alvarez bisa diblok kiper Chile, Claudio Bravo.

Chile lebih fokus bertahan. Chile bahkan tidak melepas satu pun shots sepanjang babak pertama. Chile lebih berani keluar pada babak kedua. Peluang emas didapat Chile pada menit ke-72. 

Chile makin agresif dengan memasukkan Marcelino Nunez. Duel-duel fisik mulai sering terjadi di atas lapangan. Pada momen ini, Argentina memainkan Marcos Acuna dan Gonzalo Montiel.

Baca juga : Meksiko Vs Brasil, Mengukur Kekuatan Jelang Copa America

Sebelumnya, Argentina juga memainkan Angel Di Maria dan Lautaro Martinez untuk memberi opsi baru di lini depan.

Kebuntuan bagi Argentina pecah pada menit ke-88. Dimulai dari sepak sudut Messi, terjadi kemelut di depan kotak penalti. Lautaro Martinez berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola, dan mencetak gol.

Argentina menang 1-0 dan makin kokoh di puncak klasemen Grup A Copa America 2024. La Albiceleste meraih enam poin dan lolos ke babak 8 Besar.

Selanjutnya Argentina akan bertemu Peru pada Minggu (30/6/2024) pukul 07.00 WIB, sedangkan Chile akan menghadapi Kanada pada hari yang sama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.