Dark/Light Mode

Jorji Cs Fokus Jaga Fisik Buat Olimpiade Paris 2024

Minggu, 26 Mei 2024 05:26 WIB
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua turnamen bulutangkis penting akan digelar jelang ajang Olimpiade Paris 2024. Para atlet bulutangkis Indonesia dipastikan siap menghadapi turnamen-turnamen itu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PP PBSI) Ricky Soebagdja mengatakan, kualifikasi Olimpiade 2024 sudah selesai, performa para atlet yang lolos tetap jadi prioritas.

Hal ini untuk mendapatkan status unggulan atau 𝘴𝘦𝘦𝘥𝘦𝘥 di ajang tersebut. “Kita diskusikan dengan pelatih, tergantung dengan perhitungan poin yang perlu kita kejar,” kata Ricky, saat ditemui di Pemusatan Latihan (Pelatnas) PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, pekan ini.

Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu melanjutkan, perhitungan status seeded Olimpiade Paris yang berpeluang untuk didapatkan adalah dari sektor tunggal putra. Yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Baca juga : Ana/Tiwi Fokus Menuju Malaysia Masters 2024

Dia bilang, Singapore Open dan Indonesia Open merupakan turnamen bergengsi. Singapura berstatus BWF level Super 750. Sedangkan Indonesia Open berstatus BWF level Super 1000.

Dia berharap, para atlet yang sudah lolos ke Paris bisa masuk ke final di dua turnamen itu. Apalagi, Indonesia merupakan tuan rumah Indonesia Open 2024.

“Semoga para atlet bisa meraih beberapa gelar. Untuk tunggal putra, poin mereka mendekati dan memungkinkan untuk seeded Olimpiade Paris,” jelasnya.

Saat ini, persiapan atlet yang akan berpartisipasi pada dua turnamen besar tersebut sudah berjalan dengan baik. Termasuk beberapa persiapan khusus. Diharapkan, para pemain tidak mengalami cedera saat persiapan.

Baca juga : Apriyani Rahayu Siap Ngegas Di Olimpiade Paris

“Ini ajang pembuktian dari perjalanan mereka hingga pertengahan tahun ini,” ucapnya.

Di kesempatan terpisah, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung mengaku, saat ini fokus untuk menjaga kondisi fisik dan mentalnya. Agar tetap prima pada dua turnamen penting terakhir jelang Olimpiade Paris 2024.

“Selain menyiapkan fisik dan teknis, aku harus benarbenar kuat pikirannya karena sekarang sudah mau mendekati Olimpiade,” kata Gregoria.

Pebulutangkis kelahiran Wonogiri yang karib disapa Jorji itu menyebut, rangkaian turnamen yang padat menjelang Olimpiade Paris, menjadi tantangan tersendiri untuknya.

Baca juga : Indra Sjafri Fokus Genjot Fisik Timnas U-20

“Sekarang ini persiapannya dimatangkan lagi jelang Olimpiade,” katanya.

Soal kondisi fisik, terutama kakinya yang sebelumnya sempat cedera, Jorji tetap berusaha menjaga kebugarannya dengan baik. Saat ini, kakinya tidak lagi terasa sakit. Hanya memang, pikirannya harus dijaga. Biar tidak jatuh lagi.

“Apalagi sudah dekat Olimpiade. Aku mau menjaga saja, salah satunya dengan taping kaki,” ujarnya.

Dua turnamen penting berikutnya, Singapore Open 2024 akan bergulir pada 28 Mei hingga 2 Juni. Sedangkan Indonesia Open 2024 berlangsung pada 4-9 Juni di Istora Senayan Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.