Dark/Light Mode

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia Masuk Grup Neraka

Jumat, 28 Juni 2024 08:05 WIB
Tabel grup putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: Istimewa)
Tabel grup putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penentuan grup putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah ditentukan. Skuad Garuda masuk Grup C dan harus bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Hal itu diketahui usai pengundian resmi yang dilakukan oleh AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6). Persaingan di Grup C sangat berat bagi Indonesia yang memiliki peringkat FIFA terendah dibandingkan lima negara lain di grup ini. Rekor pertemuan Indonesia dengan tim-tim tersebut juga kurang impresif. Pada Piala Asia 2023, Indonesia kalah dari Jepang dan Australia.

Jepang merupakan langganan peserta Piala Dunia. Bahkan Jepang tercatat pernah melaju hingga babak 16 besar pada Piala Dunia 2022. Berdasarkan rangking FIFA, Jepang adalah tim terbaik di Asia, diperkuat banyak pemain yang bermain di liga top Eropa seperti Endo, Takehiro Tomiyasu, dan Takefusa Kubo.

Baca juga : Smelter Satu Lajur Terbesar Di Dunia Resmi Start-Engine

Arab Saudi tak kalah berat. Meskipun berada di peringkat 56, Saudi memiliki pelatih berpengalaman, yaitu Roberto Mancini, pelatih yang membawa Italia juara Euro 2020. Arab Saudi juga melakukan investasi besar di sepak bola, dengan banyak pemain bintang di liga domestiknya.

Bahrain juga tak bisa dianggap remeh. Pada tahun 2012, Indonesia mengalami kekalahan buruk 0-10 dari Bahrain. Namun saat itu, kondisi tim sangat buruk. Di Piala Asia 2023, Bahrain mampu mencapai babak 16 besar sebelum kalah dari Jepang.

Timnas Indonesia, yang dilatih Shin Tae-yong telah menjalani sejumlah pertandingan persiapan, dengan lima kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan. Pada laga perdana kualifikasi, Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada 5 September 2024.

Baca juga : Posisi Zulhas Aman...

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam bersaing dengan lima negara lainnya yang menggunakan format home and away ini.

Erick tak menampik, Grup C cukup berat. Dia pun minta kepada pelatih dan pemain timnas agar jangan kasih kendor.

“Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan,” ujar Erick di Jakarta, Kamis (27/6).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.