Dark/Light Mode

Rumania Vs Belanda, Adu Racikan Mujarab

Selasa, 2 Juli 2024 06:40 WIB
Pelatih Belanda Ronald Koeman. (Foto: AFP)
Pelatih Belanda Ronald Koeman. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Rumania akan adu kekuatan melawan Belanda pada Babak 16 Euro 2024 di Allianz Arena, nanti malam. Duel ini menjadi ajang pem­buktian taktik, siasat dan racikan mujarab dari kedua pelatih Edward Lordanescu dan Ronald Koeman.

Pertarungan Rumania kontra Belanda dijamin sen­git. Karena bila bicara seja­rah, Rumania yang dijuluki Tricolorii punya catatan yang layak untuk partisipasi di Euro. Mereka tercatat sudah lima kali lolos ke putaran final Euro dan edisi Euro 2024 menjadi penampilan mereka yang keenam. Penampilan pertama mereka terjadi pada 1984 yang berlangsung di Denmark, setelah absen di 6 edisi awal.

Sedangkan, Timnas Belanda yang berjuluk The Oranje sama sekali tidak bisa diremehkan. Tim yang kali ini datang dengan pelatih Ronald Koeman bakal menggunakan formasi ideal un­tuk menghambat laju Rumania.

Baca juga : Insiden GP F1 Austria 2024, Norris: Verstappen Sembrono

Belanda tampil pertama kali di Euro pada 1974 dan langsung keluar sebagai tim peringkat tiga. Sejak saat itu, The Oranje hanya dua kali gagal lolos ke putaran final Euro, yaitu pada edisi 1984 dan 2016.

Bicara peringkat FIFA edi­si terbaru, Rumania menem­pati urutan 46. Mereka akan melakukan pembuktian ter­hadap Belanda yang berada di ranking 7. Di sisi lain, pering­kat FIFA tidak bisa jadi tolok ukur utama untuk mengukur kekuatan tim yang akan ber­tanding. Mengingat, performa Belanda saat ini terindikasi tengah mengalami penurunan.

Tim Negeri Kincir Angin itu secara mengejutkan takluk 2-3 dari Austria di laga terakhir.

Baca juga : Data Bocor, Rakyat Harus Antisipasinya Gimana Ya

Walaupun begitu, kemenangan atas Polandia dan hasil imbang kontra Prancis memastikan skuad asuhan Ronald Koeman lolos ke fase gugur dengan 4 poin.

Sementara, Rumania tampil cukup mengejutkan karena lo­los dengan status juara grup E. Padahal, grup tersebut berisikan tim-tim kuat seperti Ukraina, Slovakia dan Belgia.

Tricolorii berhasil catatkan satu kemenangan, satu imbang dan satu kekalahan di fase grup. Hasil imbang itu didapat Rumania di laga terakhir saat mela­wan Slovakia dengan skor 1-1.

Baca juga : Prabowo Senang Dijenguk Jokowi

Dari total delapan kali perte­muan antara Rumania kontra Belanda, Tim Oranje unggul dengan catatan enam kemenangan, satu imbang dan satu kekalahan atas Tricolorii.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.