Dark/Light Mode

Tunggu Kesepakatan KIM

Golkar Tak Akan Paksa Kang Emil Ke Jakarta

Senin, 1 Juli 2024 08:10 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar hingga saat ini masih belum memutuskan karir politik Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil. Apakah akan diturunkan untuk berlaga di Jakarta, atau di kampung halamannya, di Jawa Barat, atau mungkin diajukan sebagai calon menteri.

Golkar kelihatannya punya banyak opsi politik di pilkada DKI. Golkar tak akan memaksakan Kang Emil ke Jakarta. Soal ini tergantung situasi dan pertimbangan internal partai. Juga kesepakatan di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily tak menampik soal itu. Kata dia, partainya saat ini masih mempertimbangkan, apakah Kang Emil akan maju di Pilgub Jawa Barat atau DKI Jakarta.

Baca juga : KIM Tak Sejalan di Pilkada Banten, Golkar & Gerindra Beda Jagoan

Menurut Ace, Golkar memiliki mekanisme internal dalam menentukan dan menetapkan kader yang akan maju menjadi kepala daerah. Saat ini, proses tersebut telah memasuki tahap kedua, yaitu melihat hasil survei.

Ace mengungkapkan, Kang Emil memang mendapat tugas dari partai untuk menjalin komunikasi di dua provinsi, yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Bagaimana keputusan partai, kemungkinan akan keluar Agustus setelah melihat hasil survei kedua,” kata Ace, saat dikontak Rakyat Merdeka, Minggu (30/6/2024).

Baca juga : Direktur Utama BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai The Best CEO, BRI Borong 11 Penghargaan Internasional Dari FinanceAsia

Sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace berharap Kang Emil tetap maju di Jawa Barat. Alasannya, hasil survei menunjukkan bahwa 73 persen rakyat Jawa Barat menginginkan Kang Emil jadi Gubernur Jabar kembali.

“Namun, kita akan menunggu hasil survei kedua untuk kepastian. Apakah di Jakarta atau di Jabar,” ujarnya.

Ace menambahkan, dalam membuat keputusan Golkar juga memperhatikan dan mempertimbangkan suara masyarakat Jawa Barat, termasuk organisasi yang terafiliasi dengan Partai Golkar.

Baca juga : Hasto: Siapa Yang Cepat,Belum Tentu Dapat Lho...

Misalnya kemarin, ada aspirasi dari Kosgoro dan Soksi Jabar yang menginginkan Kang Emil jadi Cagub Jabar.

“Semua aspek akan dipertimbangkan demi kepentingan terbaik untuk Jawa Barat dan masyarakatnya, serta Partai Golkar,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.