Dark/Light Mode

Tenis Grand Slam Wimbledon 2024

Swiatek Meluncur Mulus, Vondrousova Tersungkur

Kamis, 4 Juli 2024 06:30 WIB
Iga Swiatek. (Foto: Istimewa)
Iga Swiatek. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis putri Iga Swiatek melaju mulus di turnamen Grand Slam Wimbledon 2024. Sedangkan, juara bertahab, Marketa Vondrousova harus tersungkur di babak awal.

Swiatek memperpanjang catatan kemenangan beruntun­nya menjadi 20 pertandingan. Catatan itu dibuat usai men­galahkan Sofia Kenin 6-3, 6-4 di babak pertama turnamen Grand Slam Wimbledon 2024, kemarin.

Usai laga, Swiatek mengaku, kemenangan ini merupakan awal yang baik di turnamen lapangan rumput itu.

Dia senang bisa memiliki kesempatan bermain dan memenangkan laga. “Saya harus siap untuk segalanya. Saya senang bisa melakukannya hari ini,” kata Swiatek, dilansir Kantor Berita 𝘈𝘨𝘦𝘯𝘤𝘦 𝘍𝘳𝘢𝘯𝘤𝘦 𝘗𝘳𝘦𝘴𝘴𝘦, kemarin.

Baca juga : Hati-hati Diprank Hacker!

Bertanding di All England Lawn Tennis and Croquet Club, Wimbledon, London, Inggris, kemarin, Kenin sama sekali ti­dak memiliki senjata cukup kuat untuk mengalahkan Swiatek. Di saat sama, Swiatek mampu mengukur kecepatan di lapangan rumput dan menyesuaikan diri dalam pertandingan dengan sangat baik.

Di laga itu, Swiatek yang berperingkat satu dunia ini, mencetak tiga break servis kritis di gim ke-7 set ke-2. Dengan melakukan servis, dia memenan­gi 41 dari 57 poin dan melaku­kan enam ace.

Ini merupakan awal yang menggembirakan bagi Swiatek. Catatan menang-kalahnya di lapangan rumput meningkat menjadi 14-7, dan 10-4 di Wimbledon. Dia bisa jadi petenis termuda setelah Serena Williams (2002) yang memenangi Roland Garros dan Wimbledon di musim yang sama. Serta yang pertama memenangi Grand Slam bertu­rut-turut sejak Serena pada 2015.

“Saya pikir lebih ke mental. Siapa yang bisa adaptasi dengan baik di lapangan ini, akan menang,” tutur petenis Polandia itu.

Baca juga : Diduga Main Judol, Identitas 2 Anggota DPR Masih Dirahasiakan

Di laga lain, Marketa Vondrousova jadi juara bertahan putri Wimbledon tersingkir pada babak pertama. Hasil itu didapat usai Vondrousova kalah dari per­ingkat 83 dunia Jessica Bouzas Maneiro. Petenis Spanyol itu menang 6-4, 6-2. Sebelumnya, petenis putri legendaris Jerman Steffi Graf jadi juara bertahan terakhir yang kalah di babak pertama pada 1994.

Usai meraih kemenangan, Maneiro menyebut, ini meru­pakan salah satu momen terpenting dalam hidup dan kariernya. Menurutnya, Vondrousova meru­pakan salah satu pemain terbaik di dunia. Makanya, dia tampil tanpa beban. Sehingga bisa menikmati permainan dengan bebas.

“Saya sedikit gugup di awal. Tapi, suasananya menyenang­kan, dan saya merasa seperti di rumah sendiri,” ujarnya.

Dari nomor tunggal putra, Novak Djokovic berhasil me­ningkatkan kepercayaan dirinya setelah meraih kemenangan di babak pertama dengan menga­lahkan petenis kualifikasi asal Ceko Vit Kopriva. Djokovic menang tiga set langsung 6-1, 6-2, 6-2.

Baca juga : Bicara Soal Pilgub Jateng, Puan Bilang Kaesang Bagus

Diketahui, persiapan Djokovic untuk turnamen lapangan rum­put edisi tahun ini terhambat. Setelah dia menjalani operasi lutut awal bulan lalu. Namun, petenis berusia 37 tahun itu tidak menunjukkan tanda-tanda keti­daknyamanan saat dia melewati babak pertama yang berdurasi satu jam 58 menit.

Petenis Serbia itu mematah­kan servis lawannya dua kali di setiap set untuk meningkatkan skor menjadi 19-0 pada per­tandingan babak pertama. “Saya sangat senang dengan cara saya bergerak di lapangan hari ini,” kata Djokovic usai bertanding.

Menjelang Wimbledon tahun ini, lanjutnya, situasinya sedikit berbeda baginya karena cedera lutut. Dia mengaku tidak tahu bagaimana segala sesuatunya akan terjadi di lapangan. Sesi latihan sangat berbeda dengan pertandingan resmi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 4 Juli 2024 dengan judul Tenis Grand Slam Wimbledon 2024, Swiatek Meluncur Mulus, Vondrousova Tersungkur

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.