Dark/Light Mode

Koalisi Indonesia Maju Terbelah Di Pilgub Banten

Andra Soni: Gerindra Juga Minta Dihormati Pilihannya

Rabu, 3 Juli 2024 07:40 WIB
Andra Soni, Bakal Cagub Banten. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Andra Soni, Bakal Cagub Banten. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) kompak di pilpres tapi tak selalu sejalan di pilkada.

Dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten, Partai Gerindra dan Partai Golkar, yang merupakan dua kekuatan besar di KIM, punya calon berbeda.

Gerindra memasang Ketua DPD Gerindra Banten Andra Soni sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Banten. Sedangkan Golkar ingin mengusung kadernya, mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Gerindra secara resmi memberikan rekomendasi ke Andra Soni sebagai Bacagub Banten, di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (30/6/2024). Andra dipasangkan dengan mantan Bupati Pandeglang yang merupakan kader PKS, Dimyati Natakusumah.

Baca juga : Presiden Minta Harga Obat Jadi Lebih Murah

Dalam mengusung Andra-Dimyati, Gerindra menggandeng Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Gerindra menamakannya, Koalisi Banten Maju (KBM). Elite dari beberapa parpol tersebut, ikut hadir dalam pemberian surat rekomendasi kepada Andra-Dimyati.

Partai Gerindra juga mencoba mendekati Partai Demokrat. "Masih dalam komunikasi," ucap Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dihubungi secara terpisah, Andra Soni menjelaskan, perolehan suara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 di Banten, mengantarkan dirinya mendapatkan dukungan untuk maju ke Pilgub Banten.

Baca juga : Belum Dibahas Sudah Dibatalkan

Andra menambahkan, keputusan Gerindra mengusungnya bersama Dimyati, sudah melalui proses komunikasi antar partai politik.

"Saya menerjemahkan penugasan ini, sebagai niatan yang baik untuk memajukan Provinsi Banten," ujar Andra kepada Rakyat Merdeka, Selasa (2/7/2024).

Mengenai nasib KIM di Pilgub Banten, Andra menegaskan, setiap partai memiliki pilihan, sikap dan kedaulatan masing-masing. Begitu juga Gerindra.

"Untuk memajukan Banten, harus ada kontestasi agar masyarakat bisa punya pilihan," tandas Ketua DPRD Banten ini.

Baca juga : NasDem Gelar Nobar Film Habibie & Ainun

Menanggapi langkah Gerindra mengusung Andra, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan, pihaknya tetap akan mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebagai Cagub Banten.

Untuk saat ini, Doli menambahkan, Golkar masih mengutamakan berkoalisi dengan partai di KIM untuk Pilgub Banten. "Kalau tidak dengan KIM, kami akan melakukan pendekatan ke partai lain," ucap Ketua Komisi II DPR ini.

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara Rakyat Merdeka dengan Andra Soni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.