Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waspada Corona

Tim India Putri Mundur, Indonesia Siapkan Masker Antivirus

Minggu, 9 Februari 2020 05:46 WIB
Pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto : Dok PBSI)
Pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto : Dok PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim bulutangkis putri India memutuskan mundur dari Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia yang dihelat di Filipina pada 11-16 Februari mendatang gara-gara wabah virus corona. Indonesia siapkan masker antivirus.

“Kekhawatiran bahaya kesehatan yang tak terduga karena wabah virus korona telah mengakibatkan penarikan tim putri untuk mengikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 pada 11-16 Februari 2020 di Manila, Filipina,” tulis pernyataan resmi Asosiasi Bulutangkis India (BAI), kemarin.

Tim putri memang saat ini tidak punya banyak pilihan atas absennya petenis andalan mereka, PV Sindhu dan Saina Nehwal. Sehingga, dari asosiasi tidak melihat sebagai prioritas dari kejuaraan tersebut.

Baca juga : Angkasa Pura I Pulangkan Turis Cina Pakai Pesawat Carter Dari Bali

Namun demikian, India tetap mengirimkan tim regu putranya dalam perhelatan dua tahun sekali tersebut. Mereka menargetkan poin penuh untuk mendulang poin untuk ajang Olimpiade 2020 serta Kualifikasi Piala Thomas dan Uber.

“Setelah menerima jaminan penuh dari Badminton Asia (BA), BAI telah membahas hal yang sama dengan skuad India. Tim putra setuju untuk melakukan perjalana dan mengonfrimasi partisipasi mereka,” tutupnya.

Sementara Tim Badminton Asia Team Championships 2020 sudah bertolak ke Manila, Filipina, pada Sabtu (8/2). Tim yang terdiri dari 20 atlet beserta ofisial siap mengikuti turnamen kualifikasi jelang Piala Thomas dan Uber 2020 yang bertitel Badminton Asia Team Championships 2020.

Baca juga : KPK Merasa Terbantu Polisi se-Indonesia Kejar Harun Masiku

Soal merebaknya wabah virus Corona di sejumlah negara selain Tiongkok, tim Indonesia telah mengupayakan antisipasi untuk mencegah penularan virus tersebut.

Pertama, PBSI akan memastikan bahwa tubuh atlet dalam kondisi bugar. Kedua, adanya edukasi mengenai penularan virus kepada para atlet dan tim ofisial.

Ketiga, atlet dan tim ofisial telah dibekali masker antivirus. Seperti pada kejuaraan beregu biasanya, tim Indonesia kali ini juga akan didampingi dokter PBSI yang telah mempersiapkan segala kebutuhan medis atlet dan tim selama di Manila.

Baca juga : Siap Lawan Thailand dan Uni Emirat, Timnas Indonesia Ikuti 6 Kali Pemusatan Latihan

"Sudah kami siapkan, sudah ada antisipasi. Saya baru dapat penjelasan dari dokter, bahwa penularan virus bisa terjadi kalau terjadi kontak langsung, artinya virus itu masuk bukan melalui udara. Misalnya ada orang yang terkontaminasi yang batuk atau bersin, ditutup pakai tangan. Lalu tangannya menyentuh benda lain dan bendanya disentuh orang lain, bisa saja virusnya masuk dari tiga entry yaitu mata, hidung dan mulut, artinya ada kontak langsung secara fisik, ini yang kami coba antisipasi," jelas Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI dilansir laman resmi PBSI.

Para atlet juga telah diminta untuk membatasi kontak langsung dengan barang-barang yang dicurigai bisa menjadi medium penularan virus. Jika berada di tempat umum pun harus sering mencuci tangan di air yang mengalir. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.