Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PSSI Tambah Peralatan Hingga Jaminan Asuransi Perangkat Pertandingan

Kamis, 27 Februari 2020 14:46 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI melakukan terobosan dengan menambahkan alat komunikasi, vanishing spray, dan asuransi kepada perangkat pertandingan untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020.  Alat-alat ini berguna untuk membantu komunikasi para wasit dan asistennya untuk mengambil keputusan. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengapresiasi atas tersedianya alat-alat yang membantu perangkat pertandingan dalam bertugas ini. Ia menyatakan selain alat, asuransi ini sangat bermanfaat untuk para wasit yang akan mendapat tugas di kompetisi Liga 1 2020 yang akan dimulai 29 Februari mendatang. 

"Peran wasit dan asisten wasit di sebuah pertandingan sangat penting. Untuk itu, dengan adanya alat ini wasit dan asisten wasit dapat semakin tepat mengambil keputusan. Dan mereka harus berintegritas serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Iriawan. 

Baca juga : KBRI Riyadh Pantau Keberadaan Jamaah Umroh, Inilah Aturan Saudi

"Wasit adalah tokoh utama dalam menjaga sepak bola Indonesia. Ketegasan dan keberanian yang benar dari wasit dalam menegakkan laws of the game di lapangan adalah kunci menuju sepak bola Indonesia yang berintegritas," tambahnya.

Alat komunikasi berguna untuk:
-Sarana komunikasi antara ke empat perangkat pertandingan (wasit, asisten wasit 1, asisten wasit 2, dan fourth official) dalam memimpin jalannya pertandingan. 

-Memudahkan wasit untuk dapat berkoordinasi dengan kedua asisten dan juga fourth official. Asisten wasit akan dapat membantu wasit dalam melihat dan mempertimbangkan terjadinya pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit. 
Asisten wasit dapat lebih cepat berkoordinasi dengan wasit dalam pengambilan keputusan seperti off side ataupun pelanggaran yang terjadi di area yang lebih dekat dengan asisten wasit ketimbang wasit.

Baca juga : Hari Ini Persija Perkenalkan Tim dan Jersey Musim 2020

-Pemberian sanksi kepada pemain akan jauh lebih terkoordinasi antara wasit dan asisten wasit tanpa membuang waktu. Fourth offisial dapat lebih terbantu untuk berkoordinasi dengan wasit dalam hal-hal yang terjadi di dalam area teknik yang merupakan bagian dari fourth ofisial.

-Para perangkat terbantu dalam manajemen waktu pertandingan yakni saat istirahat, penambahan waktu maupun waktu berakhir karena dapat saling berkomunikasi dan juga saling mengingatkan.

-Alat komunikasi sebagai tuntutan keahlian wasit PSSI dalam menggunakan teknologi yang ada dan juga dalam persiapan menggunakan VAR pada waktu yang akan datang.

Baca juga : Ada Pergantian Wesel, Ini Rekayasa Pola Operasi Perjalanan KRL Pada 22-23 Februari

-Pelatihan penggunaan alat komunikasi dilakukan pada saat seleksi dan workshop wasit serta asisten wasit Liga 1 2020 di Cilodong pada pekan lalu.
-Penyesuaian dan juga pengawasan Departemen Wasit PSSI terhadap perangkat komunikasi akan selalu di review untuk menjaga kemaksimalan dalam penggunaan dan mencegah terjadinya gangguan di lapangan saat pertandingan. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.