Dark/Light Mode

Yayasan Ciputra Golfpreneur Bina 10 Pegolf Nasional ke Olimpiade

Rabu, 4 Maret 2020 13:13 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Bapak Golf Modern Indonesia Ir. Ciputra kembali memberi Kontribusi penting bagi perkembangan golf di Indonesia dengan memprakarsai Ciputra Golfpreneur Foundation atau Yayasan Ciputra Golfpreneur Indonesia.

Yayasan nirlaba ini sengaja didirikan untuk mendukung atlet-atlet potensial Indonesia agar dapat berprestasi di tingkat internasional. 

Sebagai langkah konkret selanjutnya dalam menghadirkan juara-juara masa depan dari Indonesia, yayasan ini akan menginspirasi sekaligus melengkapi para pegolf pilihan Indonesia dengan pendidikan, fasilitas, dan semangat entrepreneur untuk menjadi juara kelas dunia, baik di kancah olahraga golf maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Dukungan finansial dan fasilitas latihan dengan menerapkan target dianggap sebagai langkah yang penting untuk memacu prestasi para atlet. Hal ini disampaikan para pengurus Yayasan Ciputra Golfpreneur di Jakarta, Selasa (3/3).

Baca juga : Tekuk Argentina 3-0, Brasil U23 Tembus Olimpiade Tokyo

Level dukungan yang diberikan nantinya juga akan didasarkan pada performa masing-masing atlet dari tiap turnamen yang mereka ikuti.

Dengan demikian, mereka akan dipacu untuk lebih bersungguh-sungguh dalam berlatih dan mempersiapkan diri. Setelah melalui proses seleksi dan wawancara intens, Ciputra Golfpreneur Foundation akan mendukung lima atlet profesional, yaitu George Gandranata, Elki Kow, Jordan Surya Irawan, Joshua Andrew Wirawan, dan Kevin Caesario Akbar.

Selain itu, yayasan juga akan mendukung lima atlet Junior, yaitu Kentaro Nanayama, Alfred Raja Sitohang, Jonathan Xavier Hartono, Jose Emanuel Suryadinata, dan Holly Victoria Halim. Selain dukungan finansial, para atlet ini akan mendapat hak eksklusif untuk menggunakan fasilitas latihan di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai (BSD) Course dan Pantai Indah Kapuk (PIK) Course, serta di Ciputra Golf Surabaya.

Salah satu program yayasan saat ini ialah mempersiapkan para atlet untuk bisa menembus Olimpiade Tokyo 2020. Dengan tenggat akhir pada 22 Juni 2020, Indonesia masih berpeluang menempatkan perwakilannya pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Baca juga : Menpora Dukung Promosi Pencak Silat Masuk Olimpiade

Itulah sebabnya, yayasan berinisiatif mendorong atlet-atletnya agar mengikuti kompetisi yang dapat meningkatkan ranking dunia mereka lewat turnamen-turnamen yang mendapatkan poin pada Official World Golf Ranking (OWGR), seperti Asian Development Tour atau Asian Tour. Itulah sebabnya, dukungan yayasan terhada para atlet pilihan ini bahkan sudah dilakukan sejak November 2019 lalu.

Sementara itu, Ciputra Golfpreneur Junior World Preparation menjadi program untuk menyiapkan para atlet junior agar berprestasi pada ajang Ciputra Golfpreneur Junior World Championship.

Ciputra Golfpreneur Foundation ini sekaligus melengkapi dua turnamen yang sebelumnya turut diprakarsai oleh Ir. Ciputra, yaitu Ciputra Golfpreneur Junior World Championship dan Ciputra Golfpreneur Tournament.

Sejak pertama kali diadakan pada 1993, Ciputra Golfpreneur Junior World Championship telah berkembang pesat dan meraih status World Championship pada tahun 2007.

Baca juga : Mantap, Lulusan Santripreneur Binaan Kemenperin Tembus Di Atas 8 Ribu Orang

Kini turnamen ini disokong oleh Junior Golf Tour of Asia (JGTA) sejak 2019 sehingga para juaranya bisa mendapat hak bertanding pada berbagai turnamen American Junior Golf Association (AJGA) di Amerika Serikat.

Adapun bagi para pegolf profesional di Indonesia, Ciputra Golfpreneur Tournament menjadi panggung untuk meningkatkan kualitas permainan mereka agar bisa berprestasi di level Internasional. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.