Dark/Light Mode

Yayasan Hayandra Peduli Perluas Layanan Medis

Senin, 16 September 2019 00:24 WIB
Konferensi pers Yayasan Hayandra Peduli, di Ritz-Carlton, Jakarta, Sabtu (14/9). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers Yayasan Hayandra Peduli, di Ritz-Carlton, Jakarta, Sabtu (14/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam mengakses layanan kesehatan spesialis, Yayasan Hayandra Peduli di hari ulang tahunnya yang ke-10 berkomitmen memperluas layanannya. Layanan tidak hanya menyangkut penyakit kulit dan bedah plastik, namun juga dapat menangani berbagai penanganan medis lainnya. Seperti penyakit dalam, anti aging, bedah umum, neurologi, psikologi, gigi serta layanan terapi sel autologus.

Kini, yayasan tersebut sudah memikiki klinik Hayandra dan Hayandra lab yang berlokasi di Jl. Kramat 6, Jakarta Pusat. Hayandra lab bahkan telah menjadi laboratorium yang secara resmi berizin untuk menyelenggarakan pengolahan sel bagi aplikasi klinis. Sebagai catatan, terapi sel di Indonesia harus mengacu Permenkes No. 32 tahun 2018 dengan mengikuti kaidah riset berbasis layanan.

Baca juga : Jangan Peras Calon Investor

Menyikapi perkembangan itu, dr Karina, putri pendiri Yayasan Hayandra Peduli, menekankan pentingnya riset yang berkesinambungan dalam mendukung layanan terapi yang aman, efektif dan efisien. Ia berharap, Hibah Riset Hayandra bisa berguna bagi para peneliti yang tertarik mengembangkan teknologi terapi sel di Indonesia. "Sehingga mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri,” ujarnya dalam sesi tanya jawab yang digelar di Ritz-Carlton, Jakarta, Sabtu (14/9).

Sejauh ini, Hayandra lab memiliki fasilitas pengolahan sel autologus (sel yang berasal dari pasien sendiri). Produk sel autologous yang diproses di Hayandra lab dapat digunakan untuk tujuan penelitian dan pelayanan terstandar di rumah sakit, klinik, atau fasilitas kesehatan yang berizin.  Rancang bangun dan penetapan sistem manajemen dan operasional Hayandra lab mengacu pada peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia No. 50 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan laboratorium pengolahan sel punca untuk aplikasi klinis.

Baca juga : Rajawali Nusindo Perluas Jaringan Dagang dan Distribusi

Sementara Klinik Hayandra telah membuka sejumlah layakan, seperti terapi dengan PRP (Platelet-Rich Plasma) yang dapat digunakan untuk terapi anti aging, maupun terapi kesehatan lainnya. Salah satu fungsi PRP adalah anti aging dan estetika, mengkombinasikan PRP dengan microneedling, yang secara awam dikenal sebagai vampire facial. PRP secara luas juga telah dikombinasikan dengan terapi laser, baik untuk muka maupun rejuvenasi vagina, juga dapat dikombinasikan dengan fat grafting, yaitu transfer lemak tubuh pasien sendiri ke area yang membutuhkan seperti garis senyum atau pipi.

PRP juga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Sehingga bisa menghasilkan bekas luka yang lebih samar. Layanan lain di Klinik Hayandra adalah bedah Plastik di bidang rekonstruksi dan estetik serta bedah minimal invasif dengan laser. Layanan pendampingan psikologi dalam terapi paliatif dan terapi psikologi umum juga diberikan klinik ini untuk memberikan dorongan moril yang dapat membantu pasien menjadi pulih atau dapat menjalankan perawatan dengan lebih baik. 

Baca juga : Rayakan Hari Solidaritas Kashmir dan Hari Pertahanan Pakistan

Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu, Yayasan Hayandra Peduli fokus melayani operasi sumbing dan langit-langit mulut. Mereka mengusung program “Miles of Smiles”. Diawal pendiriannya, mereka juga melakukan pemeriksaan mata bagi masyarakat yang kurang mampu. Program itu dilakukan tidak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia, seperti Kupang, Ende, Lampung, Bengkulu, Gorontalo, Padang, Pontianak, Pekalongan bahkan sampai ke Jayapura. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.