Dark/Light Mode

Cegah Pembajakan, Persija Daftarkan Desain Industri ke Hak Kekayaan Intelektual

Jumat, 20 Maret 2020 19:59 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Persija Jakarta membuat terobosan untuk memproteksi ide dan desain jersey musim 2020. Manajemen Macan Kemayoran telah mendaftarkan desain industri kepada Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Seluruh jersey didaftarkan untuk memproteksi dari tindakan ilegal, yakni seragam kandang, tandang, alternatif dan tiga jersey penjaga gawang.

Baca juga : Tetap Hadir Melayani, Pertamina Gunakan APD Sesuai Standar Kesehatan Saat Isi Avtur

Dengan langkah ini maka seluruh desain jersey Persija dilindungi Undang-Undang No 31 Tahun 2000 tentang desain industri, yang salah satu di dalamnya mengatur tentang hak desain industri.

Selain desain jersey, manajemen Macan Kemayoran juga mendaftarkan logo Persija dan Juara sebagai apparel resmi.

Baca juga : China Dihantam Corona, Industri Ketiban Untung

Hal ini membuat segala bentuk penggunaan logo Persija dan Juara dalam bentuk produksi tanpa izin akan diganjar hukuman. Kebijakan ini membuat seluruh pihak tidak dapat memalsukan segala bentuk aset Persija.

Karena sesuai UU No 31 Tahun 2000 pasal 54, pelanggar dapat dipidana paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak Rp 300.000.000,00.

Baca juga : Hari Ini Persija Perkenalkan Tim dan Jersey Musim 2020

Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto menyatakan, langkah ini dimulai untuk melindungi aset-aset Persija. “Sepak bola kini sudah memasuki dunia industri tidak terkecuali di Indonesia.

Sebagai klub profesional, manajemen ingin tidak ada lagi tindakan yang merugikan seperti pemalsuan desain jersey dan bentuk-bentuk lainnya,” ujar Ambono. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.