Dark/Light Mode

Tok! PON Ditunda Tahun Depan

Kamis, 23 April 2020 12:01 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akhirnya menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Keputusan itu diambil pada Kamis (23/4).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan wabah Covid-19 membuat sejumlah persiapan untuk gelaran olahraga tingkat nasional itu terkendala.

Baca juga : Agung Laksono Minta Pelaksanaan Pilkada Ditunda Tahun Depan

"Akhirnya bapak Presiden memutuskan pelaksanaan PON 2020 di Papua yang tadinya direncanakan pada bulan Oktober tahun 2020 ini menjadi bulan Oktober tahun 2021," kata Menpora usai rapat dengan Presiden Joko Widodo, dalam konferensi pers virtual, Kamis (23/4).

Politisi Golkar itu kemudian merinci beberapa pertimbangan yang mendasari keputusan penundaan PON tersebut. Antara lain; pertama penyelesaian pekerjaan fisik yang sudah berlangsung sebelum Covid, terpaksa ditunda. "Karena bahan-bahan sekarang ini sudah kurang tersedia," sebutnya.

Baca juga : Jokowi Pede Ekonomi Meroket Tahun Depan

Selain itu, lanjut Zainudin distribusi bahan-bahan material yang didatangkan dari luar Papua itu juga mengalami hambatan. "Kita tahu bahwa sekarang ini Provinsi Papua memberlakukan penutupan," terang dia.

Termasuk sulitnya mendatangkan peralatan pertandingan dari luar negeri. "Maka tentu pengadaan peralatannya kami mengalami kesulitan. Negara produsen yang tadinya bisa men-supply peralatan-peralatan olahraga yang akan digunakan untuk PON 2020 ternyata juga mengalami kondisi yang sama. Mereka juga dalam kondisinya terkendala," tandasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.