Dark/Light Mode

Stop Kompetisi, Klub Divisi 4 Liga Inggris Bangkrut

Minggu, 17 Mei 2020 12:13 WIB
Klub league two atau divisi 4 Liga Inggris sepakat menghentikan kompetisi karena krisis keuangan. (Foto : Istimewa)
Klub league two atau divisi 4 Liga Inggris sepakat menghentikan kompetisi karena krisis keuangan. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Krisis keuangan akibat pandemi covid-19 memaksa klub-klub League Two atau divisi empat Inggris sepakat tidak melanjutkan kompetisi musim ini. Tapi, mereka meminta posisi promosi dipertahankan dan menunda degradasi.

Sementara itu, klub-klub divisi tiga atau League One, masih belum membulatkan suara terkait langkah yang pas untuk menentukan nasib musim 2019/20 yang terhenti karena pandemi virus corona.

Klub-klub dari kasta ketiga dan keempat sepakbola Inggris menggelar pertemuan pada Jumat (15/5) untuk membahas masa depan liga mereka, dengan segala keputusan yang mereka buat nantinya harus menunggu persetujuan dari English Football League (EFL) selaku operator dan Federasi Sepakbola Inggris (FA).

Baca juga : Daya Beli Loyo, Bursa Transfer Liga Inggris Bakal Sepi

Faktor finansial menjadi dasar keberatan klub-klub League Two menuntaskan musim ini, apalagi kalau semua pertandingan yang tersisa digelar tanpa penonton. Jika kompetisi berhenti, maka Crewe Alexandra, Swindon Town dan Plymouth Argyle yang menduduki posisi tiga teratas diminta untuk promosi otomatis ke League One musim depan.

Sedangkan Exeter City, Cheltenham Town, Colchester United dan Northampton Town akan berebut satu tiket tersisa melalui jalur play-off.

Di sisi lain, Stevenage yang menjadi juru kunci klasemen bakal aman dari jurang degradasi ke National League. “Dalam hal ini belum ada keputusan apa pun yang diambil. EFL akan mempertimbangkan terlebih dahulu implikasi dari usulan-usulan klub pada pertemuan berikutnya,” tulis EFL melalui pernyataan resmi mereka.

Baca juga : Arsenal Dukung Liga Inggris Tetap Dilanjutkan

Soal League One, EFL mengakui masih ada perbedaan pan- dangan di antara klub-klub sehingga belum memiliki kesepakatan suara seperti League Two.

“Ada beragam opini yang muncul di antara tim-tim League One sehingga kami putuskan akan ada periode refleksi dan pertemuan lebih lanjut untuk mencari solusi terbaik,” lanjut mereka.

Berbeda dengan kompetisi sepakbola di Inggris lainnya, Liga Primer sebagai kasta tertinggi kemungkinan besar akan kembali digelar pada Juni mendatang setelah mendapat lampu hijau dari pemerintah, meski mendapat pertentangan dari beberapa pihak termasuk para pemain. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.