Dark/Light Mode

Liga Champions, Real Madrid Vs Ajax Amsterdam

Ancaman Spesialis Turnamen

Rabu, 13 Februari 2019 12:33 WIB
Gareth Bale diharapkan bisa mencetak gol lawan Ajax Amsterdam di Liga Champions. (Foto : reuters)
Gareth Bale diharapkan bisa mencetak gol lawan Ajax Amsterdam di Liga Champions. (Foto : reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajax Amsterdam akan menjamu juara bertahan Real Madrid di Johan Cruyff Arena pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (14/2).

Ajax tampil impresif musim ini, tapi mereka sedang mengalami penurunan performa. Melawan Sang Spesialis Turnamen, itu bisa berbahaya. Ajax hanya menang sekali dan dipaksa menelan dua kekalahan pahit dalam tiga laga terakhir. Dua kekalahan itu adalah dengan skor 2-6 di kandang Feyenoord dan 0-1 melawan tuan rumah Heracles akhir pekan kemarin.

Baca juga : Setan Merah Akhirnya Tumbang

Sebelum itu, Matthijs de Ligt dan kawan-kawan sempat melalui 21 laga di semua kompetisi tanpa sekalipun tersentuh kekalahan. Sementara itu, Madrid tak terkalahkan dalam tujuh la- ga terakhir. Hasil positif di El Clasico serta kemenangan menyakinkan dalam El Derbi Madrileno juga membuat pemegang rekor 13 gelar dan kampiun tiga edisi terakhir tersebut berada dalam kondisi terbaik untuk lawatan ke Amsterdam ini.

Dari kubu Ajax, kondisi Frenkie de Jong sedikit diragukan. Gelandang pilar Ajax yang akan bergabung dengan Barcelona musim depan itu mengalami masalah otot, tapi kans dia untuk tampil tetap ada. Dua bek Ajax, Nicolas Tagliafico dan Daley Blind, harus berhati-hati di laga ini. Jika mendapatkan kartu kuning, mereka harus melewatkan leg kedua di Santiago Bernabeu 5 Maret nanti.

Baca juga : Kaki Belakang Srigala Ibukota Pincang

Dari pihak Madrid, meski mencetak gol dalam derby kontra Atletico Madrid, Gareth Bale belum tentu jadi starter saat melawan Ajax. Pelatih Santiago Solari bisa saja memasang Lucas Vazquez untuk turun bersama Vinicius Junior dan Karim Benzema dari menit awal.

Untuk mengatasi barisan tengah tuan rumah, Solari bakal tetap mengandalkan Luka Modric, Casemiro dan Toni Kroos. Di belakang, Thibaut Courtois bakal diproteksi oleh Raphael Varane dan sang kapten Sergio Ramos. Madrid selalu menang dalam enam pertemuan terakhir dengan Ajax, mencetak 20 gol dan hanya kebobolan dua. Dari 20 gol, 11 di antaranya mereka cetak di Amsterdam.

Baca juga : El Real Dekati Barcelona

Melihat catatan itu, wajar jika Los Blancos cukup difavoritkan menang. Pelatih Real Madrid Santiago Solari mengungkapkan, timnya masih ingin menjuarai Liga Champions seperti pada era kepelatihan Zinedine Zidane. Bersama Zinedine Zidane, Real Madrid berhasil menjuarai Liga Champions selama tiga musim beruntun. Santiago Solari pun tidak menolak jika diberi man- dat untuk meneruskan prestasi tersebut. “Semua hal mungkin terjadi di Real Madrid,” kata Solari yang dilansir BolaSport.com dari FourFourTwo.

Solari paham betul peluang Ajax Amsterdam menyusahkan tim asuhannya. “Ajax terkenal dengan sistem pembinaan pe- main muda mereka dan komit- men klub untuk memainkan sepak bola menyerang,” kata Solari. “Pertandingan akan berlang- sung sangat sengit seperti laga-laga Liga Champions yang lain,” tambah Solari. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.