Dark/Light Mode

Tekuk Thailand 2-1 Di Final Piala AFF U-22

Hore! Garuda Muda Juara

Selasa, 26 Februari 2019 21:07 WIB
Garuda Muda merayakan kemenangannya. (Foto : Wuryanto/RM)
Garuda Muda merayakan kemenangannya. (Foto : Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Muda berhasil menjuarai Piala AFF U-22, usai mengalahkan Thailand 2-1 dalam final yang berlangsung di Stadion Olimpic, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2) malam.

Dua gol kemenangan pasukan Indra Sjafri dicetak oleh Sani Rizki Fauzi pada menit ke-56 dan Osvaldo Haay menit ke-64. Sedangkan gol semata wayang Thailand, dibukukan oleh Saringkan Promsupa.

Awal babak pertama dimulai, kedua tim bermain berhati-hati. Baik Thailand dan Indonesia, mencoba membaca permainan lawan satu sama lain. Thailand mendapatkan peluang pertama pada menit ke-23. Tim Gajah Putih hampir saja mencetak gol di menit tersebut. Beruntung, Firza Andika mampu  menghalau bola ke pinggir lapangan.

Baca juga : Hore! Garuda Muda Lolos Ke Final Piala AFF

Menit ke-33, Garuda Muda mendapatkan peluang emas melalui Witan Sulaeman, bekerja sama dengan Muhammad Luthfi. Namun, tendangan Witan dari dalam kotak penalti, dapat dijinakkan kiper Thailand.

Lima menit kemudian, Witan kembali mengancam melalui tendangan jarak jauh. Tetapi, bola meluncur pelan dan dapat diamankan dengan mudah. Garuda muda kembali gagal mencetak gol. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Garuda Muda yang haus gol tampil menggebrak. Peluang didapatkan lagi-lagi dari Witan Sulaeman. Memanfaatkan umpan terobosan dari Gian Zola, Witan yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Kiper Thailand, gagal menceploskan bola. À

Baca juga : Garuda Muda Makin Mantap Ke Final Piala AFF U-22

Marinus pun mencoba peruntungan pada menit ke-54. Tapi sayang, tendangannya masih jauh melenceng di samping gawang Thailand.

Semenit kemudian, berbalik Thailand yang mendapatkan peluang melalui Jaronsak. Beruntung, tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa dijinakkan Awan Setho. Thailand pun akhirnya mampu  mengoyak jantung pertahanan gawang Garuda Muda, lewat Saringkam. Dia sukses memanfaatkan umpan dari tendangan bebas.

Namun, keunggulan Thailand hanya berjalan sesat. Pasalnya, Garuda Muda sukses menyamakan kedudukan 1-1 melalui tendangan Sani Rizki Fauzi. Menit 66, Garuda Muda berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-66 melalui sundulan Osvaldo Haay, yang memanfaatkan umpan dari Muhammad Luthfi. Skor 2-1 untuk keunggulan Garuda Muda pun tercipta.

Baca juga : Lawan Myanmar, Garuda Muda Kantongi Satu Poin

Pada menit 68, Thailand mendapatkan peluang emas melalui Jatsadakam lewat aksi tendangan bebas. Beruntung, Awan Setho dapat menghalau tendangan. Alhasil, keunggulan 2-1 untuk Garuda Muda pun tidak berubah.

Di laga sebelumnya, Vietnam berhasil mengalahkan tuan rumah Kamboja. Dalam laga yang merupakan perebutan peringkat ketiga, Vietnam menang 1-0. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.