Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Piala AFF U-22, Indonesia 1- 0 Vietnam

Hore! Garuda Muda Lolos Ke Final Piala AFF

Minggu, 24 Februari 2019 19:52 WIB
Perjuangan Garuda Muda yang berhasil mengalahkan Vietnam. (Foto : Wuryanto/RM)
Perjuangan Garuda Muda yang berhasil mengalahkan Vietnam. (Foto : Wuryanto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas U-22 Indonesia melaju ke final Piala AFF U-22 2019. Garuda Muda mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di semifinal di stadion .di Stadion Nasional Olimpic, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2) sore. Gol Indonesia dicetak Luthfi Kamal pada menit ke-70. Gol berasal dari tembakan bebas.

Duel babak pertama berjalan alot. Vietnam menguasai jalannya pertandingan dan beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Hingga menit ke-23, belum ada gol yang tercipta. Pada menit ke-30, Marinus dilanggar oleh Nguyen Van Hanh. Indonesia mendapat tendangan bebas, namun peluang itu gagal dikonversi menjadi gol.

Sani Riski Fauzi mencoba peruntungan dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti pada menit ke-36. Sepakan keras pemain nomor punggung 23 tersebut masih mampu ditangkap dengan baik oleh Phan Van Bieu. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga : Paviliun Indonesia Paling Menarik Di Holiday World 2019 Praha

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-22 memiliki peluang emas mencetak gol di awal-awal babak kedua, tepatnya di menit ke-48. Kesempatan itu bemula dari umpan silang Witan Sulaeman dari sisi kanan. Bola melambung ke tiang jauh tersebut mampu disundul dengan dengan baik oleh Marinus Wanewar. Sundulan Marinus bisa ditepis kiper Phan Ban Bieu yang berdiri di posisi yang tepat.

Vietnam mengancam pada menit ke-60 melalui Tran Duc Nam. Beruntung, tendangannya dapat ditangkap kiper Awan Setho. Sepakan Duc Nam lahir dari kesalahan bek Nurhidayat dalam mengantisipasi umpan pemain Vietnam. Pada menit ke-70, Timnas Indonesia U-22 akhirnya bisa memecah kebuntuan. Gol tersebut diciptakan oleh Muhammad Luthfi yang mampu menjebol gawang Phan Ban Bieu lewat tendangan bebas.

Tendangan Luthfi ke arah tiang dekat tidak bisa diantisipasi kiper Phan Ban Bieu. Dalam tayangan ulang terlihat bola tendangan Luthfi sedikit berubah arah lantaran lebih dulu menyentuh tangan pemain Vietnam yang menjadi pagar hidup.

Baca juga : Garuda Muda Makin Mantap Ke Final Piala AFF U-22

Tertinggal satu gol, Vietnam mulai menambah intensitas serangannya. Akan tetapi, barisan pertahanan Timnas U-22 masih cukup solid dan mempertahankan kesucian gawang Awan Setho pada laga ini. Hingga wasit meniupkan pluit akhir, skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-22 tak berubah. Garuda Muda pun berhak melenggang ke partai final dan menanti pemenanga pertandingan antara tuan rumah Kamboja vs Thailand.

Pelatih Timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, mengaku puas dan gembira dengan hasil ini. "Saya pikir pertandingan menarik. Kami tahu Vietnam istirahat dua hari, tapi tadi kami merespons mereka dengan cepat," ujarnya.

"Secara keseluruhan kami bermain kurang maksimal, tapi alhamdulillah dapat gol sangat berharga."Target pertama lolos grup, Grup B merupakan kelompok yang ketat. Lalu target kedua lolos ke final. Terakhir kami ingin bawa pulang gelar juara Piala AFF U-22," katanya.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.