Dark/Light Mode

Real Madrid Vs Ajax Amsterdam

Berat Tanpa Kapitan

Selasa, 5 Maret 2019 12:22 WIB
Gelandang Real Madrid Toni Kroos. (Foto : skysport)
Gelandang Real Madrid Toni Kroos. (Foto : skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juara bertahan Real Madrid akan menjamu Ajax Amsterdam di Santiago Bernabeu pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Rabu (06/3). Selama delapan musim terakhir, Madrid belum pernah gagal melangkah ke perempat final. Mampukah mereka meneruskannya?

Madrid sudah menang 2-1 di Amsterdam pada leg pertama. Madrid unggul lewat Karim Benzema menit 60, kemudian Ajax menyamakan kedudukan melalui Hakim Ziyech menit 75. Madrid memastikan kemenangan berkat gol Marco Asensio tiga menit sebelum habis waktu normal.

Ajax sempat mencetak gol lewat bek sayap Nicolas Tagliafico, yang seharusnya memberi mereka keunggulan 1-0 sebelum jeda. Namun gol itu secara kontroversial dianulir dengan VAR. Ajax meradang. Ajax merasa hasil itu tidak adil, karena mereka telah bermain bagus dan percaya harusnya bisa menang.

Baca juga : Pesawat Malaysia Airlines Mendarat Darurat Di Jambi

Ajax sudah sangat siap, dan Madrid wajib berhati-hati. Terlebih lagi, Madrid harus main tanpa bek sentral dan Sang Kapitan Sergio Ramos yang terkena skorsing. Setelah duel leg pertama itu, Ajax mencatatkan tiga kemenangan beruntun di semua ajang.

Dalam tiga laga terakhirnya itu, Ajax bahkan mencetak 13 gol dan hanya sekali kebobolan. Ajax berturut-turut menghabisi NAC Breda 5-0 dan ADO Den Haag 5-1 di liga. Terakhir, mereka mengalahkan tuan rumah Feyenoord 3-0 untuk memastikan diri lolos ke final KNVB Cup.

Dusan Tadic mencetak 12 gol dalam 14 penampilan terakhir- nya untuk Ajax di semua kompetisi. Dia bakal menjadi salah satu ancaman terbesar buat Madrid di Bernabeu nanti.

Baca juga : Jusuf Kalla Bergaya Bak Masinis

Sementara itu, setelah leg pertama kontra Ajax, Madrid dipaksa menelan tiga kekalahan dan hanya mampu meraih satu kemenangan. Parahnya, tiga kekalahan itu semuanya mereka dapatkan di kandang.

Dalam tiga laga terakhirnya di Bernabeu, Madrid dipermalukan Girona 1-2 dan berturut-turut tumbang dalam dua El Clasico melawan Barcelona. Madrid dihajar 0-3 di leg kedua babak semifinal Copa del Rey dan ter- singkir dengan agregat 1-4, kemudian takluk 0-1 di La Liga.

Pelatih Real Madrid Santiago Solari tak mengambil pusing atas kemandulan timnya dalam beberapa pertandingan terakhir menjelang laga kedua putaran 16 besar Liga Champions melawan Ajax. “Itu bisa saja terjadi. Terkadang bola masuk ke gawang, kadang tidak,” kata Solari selepas kekalahan 0-1 melawan Barcelona dalam laga pekan ke-26 Liga Spanyol, Minggu pagi WIB, demikian dilansir Reuters.

Baca juga : Ujian Vinicius Junior

Madrid sejauh ini dibayangi buruknya catatan lini depan mereka dalam empat pertandingan terakhir yang hanya bisa mencetak satu gol dari situasi serangan terbuka. Bahkan, kekalahan 0-1 melawan Barcelona seolah menjadi garam bagi luka yang mereka ra- sakan setelah menelan kekalahan 0-3 menghadapi lawan yang sama tiga hari sebelumnya di babak semifinal Piala Raja. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.