Dark/Light Mode

MotoGP, Rossi Tuntut Yamaha Beresin Jeroannya

Rabu, 11 November 2020 12:45 WIB
Valentino Rossi. (Foto : Istimewa)
Valentino Rossi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Valentino Rossi menuntut Yamaha lebih kreatif lagi dalam meningkatkan performa mesin. Gegara hal itu The Doctor hanya bisa bertahan empat putaran MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan lalu.

Ini kali kedua Rossi gagal menyelesaikan balapan gara-gara mesin pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 setelah seri perdana di Jerez, 19 Juli lalu. Selain keandalan, dapur pacu tim berlogo dua garpu tala itu juga tidak punya performa yang mumpuni dalam aspek kecepatan.

Dengan mesin yang tingkat keandalannya rendah, Yamaha benar-benar terpuruk. Maverick Vinales sampai harus start dari pitlane pada MotoGP Eropa 2020 karena menggunakan mesin keenam, melebihi jatah lima unit mesin yang ditetapkan MotoGP.

Baca juga : Mentan Dorong Mekanisasi Mesin Pertanian

Akibatnya, Yamaha harus rela dihukum pengurangan 50 poin pada kategori konstruktor. Sebab, mereka dinilai melakukan perubahan teknis mesin tanpa persetujuan dari asosiasi tim-tim pabrikan.

Beruntung, keempat pebalapnya tidak ikut dijatuhi pengurangan poin. Atas kondisi itu Rossi meminta timnya kreatif untuk mengakali mesin agar tidak lagi ada alasan performa motor jeblok.

“Di MotoGP sekarang, Anda bisa melakukan banyak hal yang terkait mesin untuk meningkatkan performa. Dari sisi elektronik, ke cara menjaga mesin tetap segar, lalu mengatur suhu mesin, hingga knalpot,” kata Rossi dikutip dari Motorsport, kemarin.

Baca juga : Orang Kaya Nahan Belanja Orang Miskin Sulit Belanja

Untuk diketahui, pada musim 2020/2021, selain akan mengeluarkan regulasi pembekuan mesin, MotoGP juga memberlakukan pengurangan jatah mesin untuk musim ini karena penyusutan kalender balap.

Setiap tim yang tidak mendapat konsesi, hanya diberi jatah lima unit mesin sejak Jerez hingga seri terakhir di Portimao, 22 November 2020. [KW]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.